Kegiatan PLP 1 PGSD UNIMMA : Kembangkan Program Literasi di SD Negeri Bandongan 03

BNews–MAGELANG-– Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) kerahkan seluruh mahasiswa PGSD semester 2 untuk melaksanakan kegiatan PLP 1 di Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kabupaten Magelang. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun jati diri calon pendidik, memantapkan kompetensi akademik dan bidang studi melalui kegiatan pengamatan langsung ke sekolah.

SD N Bandongan 03 (esdebangga) merupakan salah satu dari 18 sekolah yang terpilih sebagai lokasi pelaksanaaan kegiatan PLP 1 mahasiswa PGSD UNIMMA. Dalam kurun waktu kurang lebih tiga minggu mahasiswa diharapkan dapat mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah, peraturan dan kegiatan sekolah, serta dapat mengembangkan kegiatan literasi di sekolah.

Pada hari Rabu 25 Mei 2022, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PLP 1 di SD Bandongan 3, Puji Rahmawati M.Pd menerjunkan 5 mahasiswa PGSD UNIMMA. Yakni untuk melakukan kegiatan PLP 1 secara langsung ke sekolah.

Kegiatan PLP 1 meliputi 3 aktivitas yaitu observasi tata kelola dan kurikulum sekolah, asistensi rutinitas guru, dan aktivitas pengembangan literasi.

Pada kegiatan asistensi rutinitas guru, mahasiswa melakukan kegiatan asistensi guru model di sekolah yang bersangkutan dengan kegiatan utamanya; meliputi membantu guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran dan instrumen evaluasi, melakukan pengawasan kepada siswa; serta observasi kegiatan pembelajaran di kelas secara langsung.

Pengembangan program literasi di sekolah yang dilakukan mahasiswa peserta PLP 1 di SD Bandongan 3 difokuskan pada siswa kelas 2, 3 dan 4. Dengan agenda perbaikan pojok baca kelas.

Melalui kegiatan perbaikan pojok baca tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa. Selanjutnya pengembangan kegiatan literasi di sekolah juga dilakukan mahasiswa peserta PLP 1 di SD Bandongan 03 dengan meminta siswa untuk membuat puisi.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kemudian membacakannya di depan kelas. Selain itu, mahasiswa juga membantu pihak sekolah dalam rangka persiapan akreditasi perpustakaan SD Bandongan 3. Seperti membuat poster ajakan literasi, mendownlod buku- buku untuk koleksi tambahan perpustakaan, dan lain sebagainya.

Pada hari Senin, 13 Juni 2022 SD Negeri Bandongan 03 kedatangan Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.IP; dalam rangka kegiatan peresmian masjid Al Firdaus milik SD Bandongan 3 yang baru saja selesai dibangun. Dalam hal ini, mahasiswa juga ikut serta dalam kegiatan penyambutan beliau ke sekolah.

Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan PLP 1 di SD Bandongan 03 dapat berjalan dengan lancar; dan mampu menghasilkan kerjasama yang baik antara sekolah dan perguruan tinggi.

“Sebuah kehormatan dapat menjalin kerjasama kembali dengan UNIMMA dan akan kami jaga kepercayaan ini. Semoga terus terjalin tali silaturahmi yang sudah ada, walaupun nanti sudah berbeda generasi” ungkap Rokayah S.Pd selaku Kepala Sekolah SD N Bandongan 03 saat kegiatan penerjunan mahasiswa PLP 1 di SD Bandongan 03. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!