Kembali, Warga Lereng Merapi Magelang Gelar Aksi Tolak Penambangan Pasir

BNews–MAGELANG–  Sekitar 100 warga Kemiren, Kecamatan Srumbung, Magelang, Jawa Tengah menggelar aksi lanjutan menolak penambangan pasir yang merusak alam di wilayah Ngori, terutama yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Kepala Balai TNGM, Karyadi mengatakan warga melakukan aksi ini pada Jumat (11/11/2022). Dimulai dari Balai Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Magelang, dilanjutkan dengan pengecekan ke wilayah Ngori.

Selain warga, aksi ini juga dihadiri oleh Plt Kepala SPTN Wilayah I Magelang – Sleman beserta tim, Camat Srumbung beserta tim, anggota Polsek Srumbung, Magelang, dan anggota Koramil Srumbung, Magelang.

“Pada, Jumat 11 November 2022 terdapat aksi lanjutan dari warga Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, mengenai penolakan kegiatan penambangan pasir ilegal di wilayah Ngori, terutama yang berada di dalam kawasan TNGM,” ucapnya dalam keterangan resminya, Sabtu (12/11/2022).

Aksi dimulai dengan pertemuan warga di Balai Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Magelang. Dihadiri oleh Perangkat Desa, BPD, Kadus, Perwakilan RT dan perwakilan tokoh masyarakat.

“Pada pertemuan tersebut, warga menyampaikan kembali aspirasi yang sudah disampaikan di kantor balai TNGM hari Senin, 7 November 2022 lalu.”

Atas pertimbangan dan saran dari Camat Srumbung akhirnya disepakati untuk melakukan pengecekan lokasi. Sekitar 30-an orang mewakili warga lain untuk mengecek lokasi tambang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Dijumpai bekas aktivitas penambangan pasir ilegal di dalam kawasan TNGM. Terdapat alat berat yang berada di luar kawasan TNGM sebanyak 19 unit,” ucapnya. (*/harjo)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!