Kesenian di Sepanjang Jalur Borobudur Marathon, Ini Sosok Dibalik Layarnya

BNews—BOROBUDUR—Sebanyak 20 kelompok kesenian rakyat Magelang meriahkan Borobudur Marathon 2019. Mereka tersebar dibagi empat titik di kawasan dalam dan luar kawasan Taman Wisata Candi Borobudur.

Eko Sunyoto ketua Sanggar Kinara Kinari Borobudur, mengatakan bahwa keberadaan mereka untuk menyambut dan memberi semangat para peserta Borobudur Marathon 2019 di semua katagori. “Kita bagi empat titik, yakni di area Taman Lumbini 2 Kesenian, Area depan Kandang Gajah 3 kesenian, Sepanjang jalan Depan Lapangan Kujon  10 kesenia dan 5 kesenia di sekitaran Jalan Soekarno Hatta Sawitan,” katanya.

Advertisements
data-ad-client="ca-pub-7527045268089399" data-ad-slot="4730062367">


Dengan pakaian kesenian lengkap dan alat music lengkap, kelompok kesenian ini berjajar di pinggir jalan. “Mereka sambil menari dan memberikan semangat bagi peserta yang melintas di depannya,” imbuhnya.

20 Kelompok kesenia rakyat Magelang tersebut antara lain Soreng, Topeng Ireng, Kubro Siswo, Jaranan, Gedruk dan Tayub. “Selain memberikan semangat dan menyambut peserta, kami juga ingin menunjukan bahwa Magelang juga memiliki banyak seni budaya kepada peserta. Dimana notabanenya para peserta Borobudur Marathon 2019 ini banyak dari luar daerah bahkan manca Negara,” tandasnya.


Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BERITA BOROBUDUR NEWS UNTUK ANDROID KALIAN GRATIS (KLIK DISINI)
NEWS: Peserta Borobudur Marathon dari Luar Negeri disambut kesenian tari jawa di depan Lapangan Kujon Borobudur (17/11)-(Foto: bsn)
NEWS: Peserta Borobudur Marathon dari Luar Negeri disambut kesenian tari jawa di depan Lapangan Kujon Borobudur (17/11)-(Foto: bsn)

Dari pantauan Borobudurnews di lapangan, ternyata banyak masyarakat sekitaran Borobudur juga menyambut para peserta lari tersebut. Mulai anak-anak hingga orang tua banyak berjajar di pingir jalan rute lari untuk memberikan semangat.

Seperti yang dilakukan anak-anak di depan SD N Tanjunganom Borobudur ini. Dimana anak-anak dengan berbalur jarit dan ikat kepal memberi semangat para peserta Borobudur Maraton yang melintas.

NEWS:Kesenian Buto Gedruk Magelang beri semangat peserta Borobudur Marathon 2019 di depan Lapangan Kujon Borobudur (17/11)-(Foto: bsn)
NEWS:Kesenian Buto Gedruk Magelang beri semangat peserta Borobudur Marathon 2019 di depan Lapangan Kujon Borobudur (17/11)-(Foto: bsn)

Perlu diketahui, total peserta Borobudur Marathon 2019 ini mencapai 10.900 orang. Dimana terdapat 350 peserta warga asing yang berasal dari 35 negara.

Pagi tadi untuk katagori Maraton 42 K dilepas pukul 05.00 wib oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Selanjutnya katagori lain dilepas dengan jeda 15 menit antar katagori lari yakni 21 K, 15 K dan 10 K. (bsn)

VIDEO :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: