7 Gerakan Ini Bisa Perbaiki Postur Tubuh, Mudah dan Cocok Dilakukan di Rumah

BNews—MAGELANG— Memiliki postur yang baik adalah lebih dari sekadar terlihat sempurna. Ini membantu Kamu mengembangkan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan dalam tubuhmu.

Postur yang tepat juga mengurangi beban pada otot dan ligamen kamu, yang dapat mengurangi risiko cedera. Oleh karena itu, Kamu bisa mencoba beberapa gerakan ini agar postur tubuhmu kembali normal.

Berikut tujuh latihan yang dapat memperbaiki postur tubuh dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/10).

Lipat tubuh ke bawah

Peregangan berdiri ini melepaskan ketegangan pada tulang belakang, hamstring dan otot pantatmu. Gerakan ini juga meregangkan pinggul dan kakimu. Saat melakukan peregangan ini, Kamu harus merasakan seluruh sisi belakang tubuh terbuka dan memanjang.

Plank

Plank membantu memperbaiki postur dengan memperkuat otot di bahu, punggung, pantat, dan paha belakang (hamstring). Ini juga mendorong penyelarasan tulang belakang yang tepat.

Peregangan dari pantat ke tumit

Gerakan ini dapat memperbaiki posisi punggung dan juga pinggang. Selain itu, otot tumit dan pantat juga akan terlatih. Berlututlah dengan tangan dan kaki (posisi ingin sujud), dengan lutut di bawah pinggul dan tangan di bawah bahu. Cobalah untuk menjaga punggung dan leher Kamu tetap lurus dan jangan mengunci sikumu

Downward-facing dog

Ini adalah gerakan ke depan yang dapat digunakan sebagai pose istirahat untuk menyeimbangkan tubuh kamu. Pose ’anjing’ yang menghadap ke bawah membantu meringankan sakit punggung sekaligus memperkuat dan meluruskan otot punggung Kamu. Berlatih secara teratur membantu memperbaiki postur.

Wall sit

Posisi wall sit sangatlah baik untuk membetulkan postur tubuh. Dengan posisi ini, otot punggung, otot betis dan otot kaki akan terlatih. Untuk melakukannya, Kamu hanya perlu menyandarkan punggung ke arah tembok menekuk kaki seperti seolah-olah duduk. Tahan dalam waktu 30 detik sampai satu menit.

Side plank

Kamu dapat menggunakan pose ini untuk menjaga keselarasan netral tulang belakang dan kakimu. Pose yang penuh energi ini melatih otot-otot di lengan dan otot lainnya. Memperkuat dan meluruskan otot-otot ini membantu mendukung punggung dan memperbaiki postur tubuh.

Relaksasi tubuh

Gerakan ini menambah tekanan pada tulang belakangmu. Hal itu menyebabkan peregangan pada tulang, otot dan persendian yang Kamu butuhkan untuk menahan tulang punggung. Selain itu, melakukan meditasi dengan posisi ini bisa membuatmu melepas hormon stres dari tubuh. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: