Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Kemangi

BNews—KESEHATAN— Daun kemangi adalah salah satu tumbuhan yang harus ada sebagai lalapan agar rasa sambal yang dimakan lebih nikmat. Wanginya yang khas dan rasanya yang nikmat tentu disukai oleh banyak orang.

Di samping itu, ternyata ada banyak manfaat dari daun kemangi saat dikonsumsi, lho. Salah satu daun herbal tertua yang kerap dimanfaatkan untuk penyembuhan dan kesehatan.

Tanaman ini terbilang mudah untuk ditemukan dan bahkan di perkotaan. Ada banyak jenis kemangi yang bisa dikonsumsi, seperti kemangi manis, kemangi lemon, kemangi Thailand, dan kemangi daun selada.

Bau dan rasa yang dihasilkan oleh daun kemangi dapat berbeda-beda tergantung dari konsentrasi minyak atsiri esensial yang ada di dalam kandungannya. Selain itu, ada beberapa minyak yang juga terkandung pada tanaman ini.

Seperti cinnamate, citronellol, geraniol, linalool, pinene, dan terpineol. Kandungan minyak ini yang membuat daun kemangi dapat menyehatkan saat dikonsumsi.

Namun, apa saja sih daun kemangi yang jarang diketahui? Berikut jawabannya:

Baik untuk Pencernaan

Salah satu manfaat dari daun kemangi adalah mampu menjaga sistem pencernaan untuk tetap bekerja dengan optimal. Kemangi mengandung eugenol, senyawa kimia yang memiliki sifat anti-inflamasi guna memastikan saluran pencernaan tetap sehat. Selain menjaga pencernaan tetap optimal, tanaman ini dapat menjaga keseimbangan pH dan menyeimbangkan asam di dalam tubuh.

Anti-inflamasi

Daun kemangi juga terbukti bermanfaat untuk mengatasi masalah peradangan di dalam tubuh. Bahkan, tanaman ini terbukti dapat menjadi obat untuk berbagai penyakit dan gangguan terkait inflamasi.

Minyak esensial pada kandungan daun ini mampu membantu tubuh untuk menurunkan peradangan melalui sifat penghambat enzimnya.  Sifat anti-inflamasi ini juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kondisi radang usus.

Bahkan, daun kemangi juga kerap dimanfaatkan untuk meredakan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan flu.

Menyehatkan Kulit

Manfaat daun kemangi lainnya adalah mampu membantu tubuh untuk membersihkan kulit dari dalam. Kemangi mengandung minyak esensial yang kuat dan sangat cocok untuk membersihkan kulit yang berminyak.

Tanaman ini juga dapat membantu untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa menggerusnya bersama dengan bubuk cendana dan air mawar hingga halus.

Oleskan campuran tersebut di wajah dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Cara ini sangat baik untuk membantu mencegah pembentukan jerawat di wajah karena sifat antimikroba dan anti-inflamasinya.

Melawan Depresi

Daun kemangi dapat bermanfaat untuk membantu seseorang mengatasi depresi dan masalah kecemasan. Kandungan dari tanaman herbal ini diyakini dapat merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang menghasilkan rasa bahagia dan energi.

Selain itu, kemangi juga dianggap sebagai adaptogen yang kuat atau disebut juga agen anti-stres. Sifat anti-inflamasi dan meningkatkan sistem imun tubuh juga dapat membantu untuk mengelola stres.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk lebih sering mengonsumsi daun kemangi untuk mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan. Memang, beberapa orang tidak suka terhadap daun kemangi, tetapi setelah tahu berbagai manfaatnya, ada baiknya kamu mencobanya. Jarang sekali ada tanaman yang dapat memberikan banyak manfaat layaknya daun kemangi. (*)

Sumber: Halodoc

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: