Lab Corona di Indonesia Bocor, Beberapa Dokter dan Petugas Positif Covid-19

BNews—NASIONAL— Sejumlah dokter dan tenaga laboratorium spesimen virus corona secara tidak sengaja terpapar covid-19. Insiden tersebut terjadi karena terjadi kebocoran dari laboratorium, belum lama ini.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo. Usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Jokowi secara virtual membahas perkembangan penanganan covid-19.

”Jadi izin, beberapa waktu yang lalu sejumlah dokter dan tenaga laboratorium itu sempat terpapar covid-19 karena ada kebocoran dari laboratorium,” kata Doni kepada wartawan, Kamis (4/6).

Doni tidak menjelaskan lebih dalam penyebab kebocoran laboratorium tersebut. Termasuk lokasi laboratorium serta jumlah dokter dan tenaga medis yang langsung positif terinfeksi corona.

”Nah ini yang harus kita jaga. Kita harus betul-betul meyakini jangan sampai dokter kita, perawat kita, petugas laboratorium kita menjadi korban atau apa namanya menjadi berisiko karena sistemnya belum maksimal,” tegasnya.

Ia menjelaskan, harus ada pengawasan ekstra dalam menjaga keamanan di laboratorium spesimen corona. Maka dari itu, pihaknya bersama dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menko PMK Muhadjir Effendy akan bekerja keras. Agar kebocoran laboratorium ini tidak kembali terulang.

”Tentunya masalah keamanan supaya ini menjadi atensi karena risiko yang dihadapi oleh para pekerja laboratorium ini itu tidak tidak jauh berbeda dengan risiko yang dihadapi oleh para dokter dan perawat,” jelas Doni.

”Jadi kami bersama dengan Kementerian Kesehatan di bawah bimbingan dari Bapak Menko PMK akan senantiasa memperhitungkan segala aspek, ya, terutama masalah keamanan dari tenaga medis kita,” imbuhnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: