Lokasi Akun Facebook Bisa Dilacak Menggunakan IP, ini Cara dan Penjelasannya

BNews–TEKNO– Banyak akun akun facebook fake atau palsu untuk meneror pengguna lainnya membuat resah. Dan ternyata lokasi pengguna akun facebook bisa dilacak lokasinya.

Biasanya lokasi akun facebook akan dapat diketahui dari GPS yang dihidupkan melalui location services yang menggunakan kombinasi GPS dan jaringan seluler untuk menentukan posisi perangkat. Namun, meskipun location service untuk Facebook sudah dimatikan, belakangan terungkap bahwa Facebook secara diam-diam masih bisa melacak penggunanya melalui cara lain.

Disebutkan bahwa Facebook memiliki tiga cara untuk melacak pengguna. Akses location service yang dapat dimatikan, hanya salah satu dari tiga cara tersebut. Untuk dua cara lainnya, Facebook tidak mengandalkan GPS untuk memantau lokasi pengguna, melainkan pantauan posting pengguna dan alamat IP perangkat yang dipakai.

Facebook bisa mengetahui lokasi pengguna dari posting dan aktivitasnya, juga dari informasi yang diberikan oleh orang lain lewat tagging. “Misalnya, kalau seseorang merespon sebuah event lokal di Facebook, mengunggah video yang dibubuhi tag lokasi. Atau di-tag oleh teman saat berada di restoran, maka kami bisa mendapat kemungkinan lokasinya,” tulis Facebook.

Informasi tempat tinggal juga bisa didapatkan Facebook dari keterangan lokasi di Marketplace, atau dari alamat yang memang dituliskan di profil pengguna. Selain dari aktivitas pengguna dan teman-temannya, Facebook juga bisa melacak lokasi dari alamat IP, meski cara ini tidak seakurat dua cara lainnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

IP alias Internet Protocol merupakan nomor identitas unik yang digunakan sebagai “alamat” sebuah perangkat saat tersambung ke jaringan internet. Dari sini bisa diperoleh gambaran kasar lokasi perangkat.

Loading...

“Perangkat mentransmisikan alamatnya (IP), yang kemudian diterima oleh perangkat lain yang terhubung, di manapun lokasinya berada saat menerima pesan atau informasi,” imbuh Facebook.

Lewat suratnya itu, Facebook dengan gamblang menyatakan tetap melakukan pelacakan meski pengguna mematikan akses lokasi. Tentu saja hal ini melanggar ketentuan soal penggunaan data pribadi (lokasi) milik pengguna.

Dan kali ini Borobudur News mengungkap cara melacak lokasi akun facebook melalui Internet Protokol (IP). Dan berikut cara dan langkahnya. :

Menggunakan WolframAlpha

  1. Cari alamat IP yang ingin Anda lacak. Anda bisa mencari alamat IP situs web melalui platform Windows, Mac, iPhone, dan Android.
  2. Buka situs web WolframAlpha website. Kunjungi https://www.wolframalpha.com/ melalui peramban web.
  3. Klik bilah pencarian
  4. Masukkan alamat IP yang Anda temukan. 
  5. Tekan tombol ↵ Enter. Setelah itu, detail geografis alamat IP akan dicari. Tinjau hasil yang ditemukan. 

WolframAlpha biasanya menampilkan informasi-informasi seperti jenis alamat IP. Pihak penyedia layanan internet yang digunakan alamat (mis. Telkom), dan kota atau daerah asal alamat IP tersebut.  Anda bisa mengeklik pilihan “More” yang ada di samping judul “IP address registrant:” untuk melihat informasi mengenai kota yang bersangkutan.

Kalian juga bisa gunakan berbagai aplikasi atau lama pelacak IP lainnya. Seperti IP Lookup. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: