Mau Ujian SIM, Perhatikan Hal Hal Penting Berikut Ini

BNews–NASIONAL– Banyak masyarakat mengeluhkan sulitnya ujian praktek membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) C bagi sepeda motor. Dimana dalam ujian praktek ini terdapat beberapa jenis jalur yang harus dilintasi dan banyak yang gagal.

Jalur tersebut diantaranya yaitu Jalur Zig – Zag, Jalur Angka 8, Tes Reaksi Menghindar dan yang terakhir adalah Letter U. Tiap rintangan punya trik sendiri untuk melaluinya, berikut penjelasnya setiap jalurnya. 

Zig – zag 

Cara mengendarai motor di jalur zig – zag terbilang mudah, pasalnya di jalur ini kamu hanya dituntut untuk luwes dalam melakukan manuver. Bahu dan badan yang luwes akan membantumu melewati rintangan ini. Bukaan gas yang tidak terlalu besar juga diperlukan agar motor tetap seimbang. 

Jika kamu menggunakan motor bebek, gunakan gigi 2 untuk berjalan. Jangan naikkan gigi, jangan pula diturunin. Tujuanya untuk membantu menjaga kestabilan motor supaya bisa melewati rintangan.

Kalau menggunakan motor matic, buka gas perlahan dan jaga gasnya supaya stabil. Jangan terlalu kencang yang penting motor bisa jalan dan seimbang. Cara mengendarai motor matic di ujian SIM akan lebih mudah dengan pengaturan gas yang tepat.

• Angka 8 

Rute angka 8 selalu jadi momok di ujian SIM. Sebagian besar peserta gugur di lintasan ini. Jika sekilas kita lihat memang sepertinya susah. Apalagi ketika akan menjalaninya. Tapi rute ini malah akan jadi sangat gampang jika tau bagaimana trik untuk melakukannya.

Selain butuh keluwesan dalam melakukan manuver, kamu juga harus melakukan trik counter steering di track ini. Apa itu counter steering? Yaitu dengan memposisikan dudukmu di kiri ketika akan berbelok di kanan, dan duduk di sebelah kanan ketika berbelok di kiri. Hanya cukup geser tempat duduk dan kamu akan lebih mudah untuk melewati track ini. 

Gak hanya cukup dengan itu, fokus jadi hal yang penting untuk melewati track ini. Jaga visimu untuk melihat keadaan sekitar, untuk memprediksi kemana motormu akan bergerak dan meliuk. Dengan fokus dan teknik yang benar, track ini bisa dilalui.

Reaksi Menghindar 

Ini lebih mudah daripada rute angka 8. Yang kamu lakukan adalah fokus dan tidak berkendara terlalu kencang dan lakukan pengereman kaki sembari menunggu lampu menyala. Pilih rute dimana lampu dinyalakan. Dan kamu akan lulus dengan mudah. 

U turn 

Rute Letter U akan sangat mudah dilalui jika kamu sudah bisa melalui track zig – zag dan angka 8. Jangan lupa lakukan kembali counter steering disaat kamu mulai menikung.

Dan kali ini Borobudur News mencoba memberikan 7 tips saat uji praktek pembuatan SIM C agar lolos.

Berikut tipsnya dan bisa dicoba.

1. Saat di jelaskan oleh petugas usahakan memperhatikan dan bertanya. Kenapa bertanya?, karena akan mengurangi keraguan saat kita uji praktek dan juga mencairkan suasana.

2. Pilih Motor type bebek bertransmisi manual.

3. Minta Ijin untuk berputar-putar sebentar (bukan di jalur uji praktek) untuk menyesuaikan kendaraan sekaligus pemanasan. Saya yakin kondisi kendaraannya pasti berbeda dengan kendaraan anda di rumah.

4. Posisikan motor anda di garis awal. Tarik napas, tenang, baca doa sebentar. lalu masukkan perseneling langsung ke gigi 2. Loh kenapa gigi 2?, karena kalau kita menggunakan gigi satu tarikannya terlalu spontan yang nantinya bisa menggangu keseimbangan dan konsetrasi.

5. Lupakan rem tangan, fokus di rem kaki saja.

6. Saat melaju di lintasan uji praktek, pastikan bukaan gas tidak terlampau besar dan dalam kondisi stabil. Jangan membuka tutup gas karena malah akan mengacaukan konsentrasi. Berkendaralah seperti saat kita melewati banjir, dimana kita harus menahan gas agar air tidak masuk melewati knalpot.

7. Berjalan perlahan, tetap injak pedal rem. Kuncinya ada di kordinasi pedal rem kaki dan keseimbangan. Klau motor terlalu pelan, lepas rem sedikit tapi kalau motor terlalu cepat injak pedal rem sambil menyeimbangkan agar tidak menyenggol patok dan kaki menyentuh tanah. Yang harus diingat posisi bukaan gas harus tetap stabil dari awal sampai akhir. Dan tidak perlu oper gigi, biarkan mesin terdengar kasar yang penting anda bisa melewati rintangan. Perhatikan arah panah di bawah agar tidak salah arah.

Itulah penjelasan dan tips terkait ujian prakter pembuatan SIM C bagi pengendara sepeda motor. Silahkan pahami dan bisa menjadi pedoman saat latihan dirumah. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: