Memahami Ruang PICU di Rumah Sakit, Tempat Rawat Anak Kondisi Kritis

BNews-KESEHATAN- PICU, singkatan dari Pediatric Intensive Care Unit, merupakan ruangan khusus di rumah sakit yang digunakan untuk merawat anak-anak dengan kondisi medis serius yang mengancam nyawa.

Di dalam PICU, terdapat peralatan medis canggih dan tim kesehatan yang terlatih untuk memberikan perawatan dan intervensi intensif.

Tim ini melakukan pemantauan langsung terhadap detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah anak-anak.

Selain itu, ruang PICU juga memberikan kemampuan kepada dokter untuk memberikan terapi yang tidak tersedia di bagian lain rumah sakit; seperti penggunaan ventilator (mesin pernapasan) dan obat-obatan yang memerlukan pengawasan medis.

Beberapa kondisi yang memerlukan perawatan di PICU antara lain gangguan pernapasan berat, cedera kepala parah, gangguan jantung; infeksi berat, pasca operasi besar, kejang yang sulit dikontrol, gangguan metabolik, gagal ginjal, syok septik, gangguan darah serius, dan gangguan neurologis serius.

Di dalam ruang PICU, terdapat peralatan medis penting seperti kateter intravena (IV) yang digunakan untuk memberikan cairan intravena; obat-obatan, dan nutrisi langsung ke dalam aliran darah.

Selain itu, terdapat juga penggunaan obat-obatan berbahaya yang dimonitor dengan ketat oleh tim medis, serta pemasangan monitor untuk memantau tanda-tanda vital pasien.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ruang PICU juga diawasi oleh dokter spesialis dan perawat yang terlatih dalam bidang ini. Terdapat pula beberapa; subspesialis seperti ahli jantung dan ahli bedah saraf yang berpartisipasi dalam perawatan anak-anak di PICU.

Apoteker, ahli gizi, ahli terapi okupasi, dan ahli terapi fisik juga ikut berperan dalam memastikan pasien mendapatkan perawatan terbaik sesuai kebutuhannya.

Dengan fasilitas dan tim yang lengkap, PICU berperan penting dalam memberikan perawatan intensif dan menyelamatkan nyawa anak-anak yang menghadapi kondisi medis serius. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: