Membanggakan, SMK Muhi Dukun Produksi APD Untuk Medis

BNews–DUKUN– Siswa jurusan Tata Busana SMK Muhammadiyah Dukun Kabupaten Magelang membuat masker dan baju hazmat (hazardous materials). Hal ini sebagai respon atas minimnya ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Kepala SMK Muhammadiyah Dukun Edy Haryanta mengatakan baju tersebut berfungsi untuk melindungi tubuh dari material berbahaya seperti virus.  “APD tersebut kami beritkan kepada para tenaga medis di Puskemas Dukun,” katanya (28/4/2020).

Ia berharap, adanya APD ini mampu melindungi para petugas medis yang sering melakukan interaksi langsung dengan para pasien. “Para petugas medis merupakan kelompok yang relatif paling mudah tertular dan terkena virus. Hal ini karena setiap saat berinteraksi bahkan bersentuhan langsung dengan para pasien termasuk dalam hal ini pasien yang positif terkena Corona Virus Disease (Covid-19),” harapnya.

Disatu sisi, menurtnya tenaga medis adalah pihak yang relatif paling rentan terkena virus ini. Akan tetapi disisi lain mereka dituntut untuk selalu dalam keadaan siap dan sehat.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Hal ini mengingat peran dan fungsinya yang sangat vital dalam mewujudkan kesehatan bagi setiap pasien yang dirawatnya,” tegasnya.

Oleh karenanya, Edy mengungkapkan dalam proses penanganan bencana non alam covid-19 ini, bukan hanya masyarakat secara umum. Namun tenaga medis adalah kelompok yang juga perlu mendapat perhatian.

Loading...

“Salah satu bentuk perhatiannya adalah adanya jaminan kemudahan memperoleh fasilitas APD dalam setiap melakukan aktifitas pekerjaan dan pengabdiannya sebagai tenaga medis,” ujarnya.

Edy mengungkapkan pihaknya membantu 10 buah baju hazmat dan 50 masker. “APD ini hasil karya siswa SMK Muhammadiyah Dukun. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan mampu mengatasi kekurangan APD bagi para tenaga medis yang bertugas, semoga semuanya diberi kekuatan dan kesehatan,” tandasnya.

Sementara dr. Dewi Iriani selaku Satgas Pencegahan Covid 19 Puskesmas Dukun mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar SMK Muhammadiyah Dukun. “Terima kasih atas bantuan APD yang disampaikan. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi tenaga medis dalam melindungi dirinya ketika melaksanakan tugas,” ujarnya.

“ Para tenaga medis mengharapkan masyarakat agar benar – benar melaksanakan himbauan dari pemerintah terkait protokol kesehatan. Kunci berakhirnya pandemi Covid – 19 ini ada di masyarakat dan kerjasama semua pihak,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: