IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Mengejutkan, Gunung Api Terbesar di Dunia Ditemukan di Bawah Laut

BNews–INTERNASIONAL-– Kabar mengejutkan para peneliti di dunia. Pasalnya sebuah fenomena alam menakjubkan yakni ditemukannya gunung berapi terbesar di dunia.

Gunung api tersebut ditemukan bersembunyi di dasar laut Samudra Pasifik. Berjarak sekitar 952 km dari arah barat laut Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Dilaporkan Forbes, Gardner Pinnacles atau dua puncak kecil bantuan vulkanik menjulang tinggi sekitar 53 meter di atas permukaan laut.

Diketahui, puncak ini adalah satu-satunya bagian yang terlihat dari gunung api terbesar di dunia itu.

Dimana sebelumnya, Mauna Loa di Pulau Besar Hawaii (Hawaii’s Big Island) telah lama ditetapkan sebagai gunung berapi terbesar di dunia.

Menjulang tinggi lebih dari 9.170 meter dari dasar laut Samudra Pasifik dan memiliki volume lebih dari 19.200 mil kubik (80.000 kubik-kilometer).

Namun, dalam penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Earth and Planetary Science Letters mengungkapkan bahwa Gardner Pinnacles adalah puncak bangunan vulkanik yang mencakup sekitar 36.000 mil kubik (150.000 kubik kilometer).

Loading...

“Volume ini lebih besar dua kali lipat daripada Mauna Loa,” kutip jural tersebut.

Disebutkannya juga dalam jurnal, bahwa hanya sebagian kecil dari volume ini yang terlihat di atas permukaan laut yaitu 30 persen.

Massa lava yang dipancarkan selama 14 juta tahun terakhir cukup berat untuk menekuk kerak samudera di bawah gunung hingga ratusan mil. Dan mampu menyembunyikan 70 persen volume bangunan vulkanik di dalam dasar laut.

Namun, dengan menggunakan peningkatan gravitasi dengan konsentrasi massa, para peneliti dapat memetakan dan menghitung volume lengkap bangunan vulkanik. (*/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: