Menghitung Hari Menuju Pemilu, Bawaslu Kabupaten Magelang Gelar Apel Siaga

BNews-MAGELANG– Tujuh hari sebelum hari pemungutan suara Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Magelang mengadakan Apel Siaga. Lokasinya di Lapangan Tuksongo Borobudur Magelang, Rabu (07/02/2024).

Apel Siaga ini berkaitan dengan pengawasan pada hari tenang, pemungutan suara, serta rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024. Atau Puting Susu (Pungut Hitung Surat Suara)

Mengingat pentingnya kesempatan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M Habib Saleh, mengatakan; bahwa tanggal 7 Februari 2024 dipilih secara sengaja untuk Apel Siaga Pengawasan ini. Dalam budaya Jawa, angka tujuh atau “pitu” memiliki arti ‘pitulungan’ atau saling membantu.

“Dengan ikhtiar bersama Bawaslu, KPU, Fokompimda, partai politik, dan seluruh jajaran, semoga Allah SWT memberkahi dan membantu kita,” katanya sambil menambahkan bahwa dengan bersama-sama berikhtiar dan ridha Allah, insya Allah Pemilu akan berjalan dengan aman, damai, dan lancar.

Melalui momen Apel Siaga ini, beliau juga mengajak untuk memperkuat komitmen dalam mewujudkan Pemilu yang menghormati asas luber jurdil. “Sebagai penyelenggara pemilu, kita harus bersikap dan bertindak profesional, akuntabel, dan berintegritas,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, juga ada ajakan untuk merapalkan ‘Satyam Vada, Dharmam Chara’. “Kita hanya boleh berbicara tentang kebenaran dan senantiasa mengamalkan kebajikan. Semoga Allah SWT membantu kita,” katanya.

Beliau juga menyampaikan bahwa masa tenang tinggal 3 hari lagi. Saatnya bagi para pemilih untuk menentukan pilihan mereka. Bagi penyelenggara pemilu, inilah saat kritis.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Selama tiga hari ini, kita harus memastikan tidak ada kampanye, tidak ada politik uang, dan memastikan APK (Alat Peraga Kampanye) sudah bersih,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Magelang menyampaikan bahwa tema ‘Satyam Vada, Dharmam Chara’ yang diangkat dalam apel siaga ini memiliki makna yang dalam dan relevan. Dua frasa tersebut, dalam bahasa Sanskerta, berarti ‘Ucapkanlah Kebenaran, Amalkanlah Kebajikan’.

“Pesan yang terkandung dalam tema ini sangat penting dalam konteks tugas kita sebagai pengawas Pemilu 2024,” katanya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: