IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Meriah…Begini Suasana Festival Durian di Salaman

BNews—SALAMAN— Kirab gunungan Festival Durian di Salaman yang berlangsung sejak Sabtu (18/1) hingga sore ini, (19/1) berlangsung meriah. Festival tahunan tersebut digelar sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas panen yang berlimpah.

Berbagai jenis durian lokal dihadirkan di sini. Tidak hanya buah durian. Ada juga beberapa olahan dari buah berduri tersebut, diantaranya Pepes Lele Durian, Klemet Durian, Onde-onde durian dan masih banyak lagi.

Mengenakan pakaian adat Jawa, perangkat dan warga desa memikul puluhan buah durian. Terlihat juga, beberapa ibu-ibu yang mengenakan Kimono pakaian khas Jepang. Iring-iringan kirab turut dimeriahkan Marching Band MA An-Nawawi 02 Salaman.

Acara tersebut juga dimeriahkan Tarian Cipat-Cipit penampilan dari Bengkel Seni Universitas Tidar Magelang. Wakil Bupati Magelang, Edy Cahyana dan perangkat desa lain sebagai tamu undangan juga ikut menari bersama.

”Rasa syukur kehadirat Allah SWT telah memberikan rizki yang berlimpah. Festival ini juga sebagai ajang mengenalkan durian lokal ke masyarakat,” kata Kepala Desa Purwosari, Hajar Budianto, Minggu (19/1).

Ia berharap, semoga Dusun Saren bisa menjadi desa wisata sentral durian di Kabupaten Magelang. Selain itu, kedepan dirinya juga berkeinginan bila acara seperti ini bisa kembali digelar tahun depan. Tentunya dengan acara yang lebih meriah lagi.

Loading...

”Dengan adanya festival ini semoga bisa mengangkat perekonomian warga dusun Saren, khususnya para petani durian” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Magelang, Edy Cahyana mengapresiasi warga Dusun Saren atas peningkatan hasil durian. Termasuk peningkatan harga bibit durian telah mencapai tingkat nasional. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi, ada beberapa pemesan dari luar pulau jawa.

”Saya berharap, pengolahan durian harus terus dikembangkan. Produk-produk  home industri olahan durian akan terangkat. Jadi, tidak hanya makan buah durian saja. Pecinta durian juga bisa menikmati makanan dari olahan durian,”pungkasnya. (*/han)

Penulis: Wahid Fahrur Annas (Mahasiswa Magang IAIN Purwokerto)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: