Penting Diketahui, Makna Istilah OTG Covid-19

BNews–NASIONAL– Banyak masyarakat belum mengetahui istilah Orang Tanpa Gejala (OTG) dalam wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia. Padahal OTG ini dinilai lebih berbahaya dalam siklus penularan virus tersebut.

Umumnya, pasien yang suspect virus corona lebih banyak memiliki gejala demam, batuk, nyeri, hingga gangguan pernapasan yang parah dan membutuhkan bantuan ventilator. Namun, ada juga orang yang positif virus corona tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun.

Walau tidak ada masalah dan keluhan apa pun, tapi orang positif Covid-19 tetap bisa menularkan penyakitnya kepada orang lain. Orang tanpa gejala (OTG) sering disebut juga sebagai penyebar super.

“Dia tidak ada gejala, terus dia ke mana-mana dan menularkan banyak orang,” ungkap dokter spesialis paru Jaka Pradipta (20/4/2020).

Saat bertemu OTG di Lingkungan Luar, kita mungkin masih mudah untuk menghindari meminta izin jarak fisik. Tapi, bagaimana jika OTG adalah anggota keluarga kita sendiri yang ada di satu rumah?

Jaka mengatakan, protokol untuk orang sakit tetap harus diberlakukan kepada OTG.

Beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus, antara lain:
Loading...

– OTG perlu memakai topeng saat beraktivitas layaknya orang sakit.

– Tidak Berbagi barang pakai, seperti selimut, alat makan, alat tidur, alat mandi, dan lainnya.

– Buka jendela kamar agar sirkulasi udara bagus dan tahan sinar matahari.

– Sering mendisinfeksi rumah.

– Tidur di kamar terpisah dengan OTG. Jika harus satu kamar, tidurlah pada tempat tidur berbeda.

“Kalau enggak bisa juga, kirim ke tempat isolasi di luar. Memang harus dipisahkan, enggak boleh gabung,” tuturnya.

Ia menambahkan, anggota keluarganya juga perlu melakukan screening atau memeriksakan ke puskesmas terdekat sebagai antisipasi jika dia ternyata terkonfirmasi positif. Namun, meskipun OTG tersebut sudah melakukan isoloasi dan tidak kontak erat dengan anggota keluarganya yang lain, screening juga tetap disarankan.

 “Kewaspadaan harus tetap nomor satu. Jaga jarak, pakai masker kalau ke luar rumah, di rumah aja. Itu yang harus dikerjakan,” pungkasnya. (*/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: