Mudah! Begini Cara Cek Apakah Kamu Termasuk Penerima Bansos Atau Bukan

BNews—NASIONAL— Perenomian masyarakat utamanya kategori menengah ke bawah paling merasakan dampak pandemi covid-19. Pemerintah pusat kemudian mengucurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat ’paling’ terdampak.

Namun, tidak sedikit warga yang mempertanyakan, apakah mereka masuk dalam daftar keluarga yang menerima bansos. Nah, untuk mengetahui status tersebut ternyata sangat mudah.

Menengok ke belakang, dahulu, masyarakat harus pergi ke dinas sosial setempat untuk mencari tahu apakah dirinya masuk ke dalam penerima bansos. Namun, di era digital, segala sesuatu serba dilakukan dengan mudah. Informasi dapat diperoleh cukup dengan ’genggaman tangan’.

Cara cek kepesertaan bansos cukup mudah. Pertama-tama, buka laman Kemensos. Kemudian untuk melihat status peserta, kamu harus memiliki Nomer Induk Keluarga (NIK).

Berikut caranya:

  1. Pilih ID kepesertaan yang diinginkan
  2. Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih
  3. Masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih
  4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak captcha
  5. Sistem akan mencocokkan ID dan nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada di dalam database.

Sementara itu, pemerintah juga merilis aplikasi SIKS-Dataku yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Aplikasi ini memberikan informasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta penerima Bantuan Sosial Pangan, Program Keluarga Harapan dan Penerima Bantuan Iuran.

Berikut tata caranya:

  1. Pilih menu Cek Bansos di dalam aplikasi
  2. Pilih ID kepesertaan yang diinginkan
  3. Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih
  4. Masukkan nama
  5. Masukkan captcha
  6. Kemudian status kepesertaan bisa dilihat.

Klik di sini untuk mengetahui apakah kamu masuk dalam penerima bansos atau tidak. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: