PAUD Institute Berikan Fasilitas Mobil Pintar Ke Pemkab Magelang, Ini Fungsinya

BNews–MUNGKID– Fasilitas Mobil Pintar diberikan secara pinjam pakai olah PAUD Institute kepada Pemkab Magelang, yang diterima secara simbolis oleh Bupati Zaenal Arifin, kemarin (17/12/2020). Dimana pemberian mobil tersebut untuk mendukung gerakan literasi dan membangun budaya sejak usia dini.

Dimana Fasilitas tersebut nantinya akan dipergunakan oleh PAUD yang ada di Kabupaten Magelang.

Direktur PAUD Institute, Dhanang Sasongko mengatakan, Mobil Pintar tersebut jumlahnya total ada 18 unit yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya di Sabang 1 unit dan di Merauke 1 unit. Sementara di wilayah Jawa Tengah diberikan kepada Kabupaten Magelang, dengan tujuan untuk mendukung gerakan literasi dan membangun budaya sejak usia dini.

Dhanang menilai, kepadatan dan keaktifan rekan-rekan PAUD di Kabupaten Magelang patut untuk diapresiasi, bahkan juga sangat aktif di berbagai kegiatan tingkat nasional. Pada kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan seminar nasional PAUD yang mengangkat tema tentang adaptasi kebiasaan baru dalam proses pembelajaran PAUD.

“Tentu ini akan sangat dibutuhkan bagi guru-guru PAUD dan orang tua dengan kondisi Pandemi seperti sekarang ini. Untuk tema yang kedua tentang menumbuhkan akhlak dan karakter,” kata, Dhanang.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Ahmad Husein menyampaikan bahwa, bantuan Mobil Pintar tersebut merupakan sarana yang bisa dimanfaatkan. Tentunya oleh seluruh lembaga PAUD di Kabupaten Magelang secara bergantian.

“Tadi kami sempat melihat kondisi mobil serta isinya, ternyata ini juga bisa digunakan oleh siswa SD dan SMP. Hal ini karena isinya menyeluruh tidak hanya untuk anak PAUD saja. Selain itu nanti juga akan dilakukan pembahasan kerja sama dengan PAUD Institute; yakni terkait untuk membuat pojok literasi di 10 titik di Kabupaten Magelang,” ungkap Husein.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sedangkan Bupati Magelang, Zaenal Arifin sangat mengapresiasi atas bantuan yang telah diberikan oleh PAUD Institute. Baik secara fasilitas maupun support dalam setiap kegiatan PAUD.

Menurutnya, PAUD sangat memiliki peran penting bagi generasi-generasi emas dimasa yang akan datang.

“Pendidikan karakter, akhlak, sampai pendidikan secara rohani harus diberikan kepada anak sejak usia dini. Literasi dan membangun budaya sejak usia dini harus ditanamkan dengan baik kepada generasi penerus bangsa,” tutur, Zaenal.

Zaenal menambahkan, untuk menumbuhkan budaya literasi Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah berupaya maksimal dengan membangun Perpustakaan Daerah di Muntilan. Tentunya dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sudah diakui di tingkat nasional.

“Gedung perpustakaan kami bahkan lebih megah dari pada Gedung Dinas Pendidikan sendiri. Bahkan Perpusda Kami juga sudah mendapatkan penghargaan tertinggi dari Perpusnas RI. Selain itu perpustakaan kami di desa-desa juga sudah mendapatkan penghargaan dari Perpusnas RI beberapa waktu lalu,” tutupnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: