Pedang Asal Pakis ini Tembus Pasar Internasional

0
213

    BNews–PAKIS– UKM Kabupaten Magelang memang memiliki potensi yang sangat besar. Salah satunya adalah pande besi milik Sumardi, 55, warga Sanggrahan Desa Rejosari Kecamatan Pakis yang kini produknya mampu menembus pasar internasional.
    Sumardi mengatakan usaha yang dia geluti merupakan usaha turun temurun. Belakang usahanya berkembang berkat bantuan Bank Bapas 69 melalui program pembinaan UMKM.
    “ Kebanyakan UMKM di wilayah sini merupakan hasil binaan dari Bank Bapas 69,salah satunya adalah usaha yang saya miliki. Dan Usaha yang saya miliki ini juga pernah mendapatkan prestasi tingkat nasional, yaitu Juara satu UMKM se-Indonesia pada tahun 2006,” jelas Sumardi.
    Usaha turun temurun ini sudah mencapai generasi keduanya dengan memproduksi beraneka ragam kerajinan yang berbahan baku besi,baja dan kuningan ini. Mulai dari alat-alat pertanian seperti cangkul,sabit,arit,dan golok sedangkan untuk senjata tajam seperti samurai, rencong, kampak, sangkur, tombak .
    Tidak hanya itu saja sampai alat-alat dapur dan makanpun di buat seperti sendok dan garpu,piring ,pemotong keju juga mereka buat. Peralatan seperti ini yang banyak menerima pesanan dari luar negeri.
    Sumardi menerangkn bahwa kebanyakan yang kami produksi memang senjata. Seperti pedang dan samuari. “Saya tidak sembarangan menerima pesanan tersebut, paling tidak hanya kolektor-kolektor saja yang saya layani, yang Jelas senjata-senjata yang saya buat ini nilai ekonominya juga tergolong tinggi,jadi sepertinya hanya orang-orang tertentu saja yang membelinya,” jelasnya.
    Barang hasil kerajinanya itu bisa laku hingga Rp 5 juta. Barang barang buatannya sudah sampai ke Malaysia, Australia, Amerika Serikat dan Jepang. (bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here