Pemkab Magelang Gelar Pasar Murah Ikan di Sepuluh Titik

BNews–NGABLAK– Pasar Murah digelar oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang di sepuluh titik. Masyarakat bisa menebus ikan dengan separo harga.

Kepala Dispeterikan Kabupaten Magelang, Sri Hartini mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka menggalakkan program pemerintah gemar makan ikan dan menekan angka stunting. “Sebelumnya kita telah menggalakkan program Gerimis telur yaitu dengan memberikan susu dan telur kepada sekitar kurang lebih 2700 siswa. Kemarin kitag bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, dan kini fokus di ikan,” katanya.

Setelah anak maka kini pihaknya juga ikut menyasar pada orang tua siswa agar bisa menikmati ikan dengan harga murah. “Kita adakan kegiatan pasar ikan murah dengan target daerah yang berada di pucuk gunung (sekitaran lereng gunung). Kami sudah laksanakan progam ini sejak 10 Februari 2020 lalu,” imbuhnya.

Sri Hartini mengungkapkan, bahwa pihaknya terakhir mengadakan pasar murah ikan pada hari Selasa kemarin (18/2/2020). “Kita adakan di Desa Genian Kecamatan Ngablak. Kebetulan di sana itu ada empat desa stunting, yang ditentukan dinas kesehatan dan kita memilih dua,” ungkapnya.

“Jadi kita berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan, Kadinkes Bu Retno Kemarin kontak saya, dan langsung saya sikapi karena memang belum ada lokasi yang jelas,” terangnya.

Sementara itu jenis ikan yang didistribusikan adalah ikan lele dengan sasaran 1000 Kepala Keluarga (KK) dan mereka dapat membelinya dengan separuh harga yakni menjadi Rp 11.000. “Jadi mereka hanya bayar Rp 11.000 karena harga lele di luar 22.000. Awalnya kita menganggarkan untuk 1000 kg ikan lele untuk 1000 keluarga. Namun karena masyarakat membeli dengan separuh harga jadi kita bisa mentarget untuk 2000 KK,” ujarnya.

Pihaknya juga menggandeng para pengusaha lele yang berasal dari Kabupaten Magelang, agar produksi ikan di Kabupaten Magelang meningkat. “Kita bisa membantu masyarakat untuk penurunan angka stunting,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: