Pemkab Magelang : Peta Exit Tol ada di Sukorini Muntilan

BNews—MUNTILAN— Pemerintah Kabupaten Magelang mlelalui Badan Perencaaan Pembangunan Penelitian dan Pengembaangan Daerah (Bappeda litbang) menyebut peta Tol Bawen Jogjakarta sudah mulai diselseaikan. Meski belum final, peta gambaran wilayah itu akan dijadikan pedoman penetapan wilayah.

Kepala Bidang Tata Ruang Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur Bappeda Litbang Pemkab Magelang Didik Sofian mengatakan saat ini masih proses finalisasi penetapan lokasi.

Hanya saja sudah dikeluarkan gambar indikatif yang sudah menggambarkan ruas jalan tol tersebut. Gambar indikatif adalah gambaran awal yang telah diterbitkan.

Dalam peta indikatif itu, kata dia disebutkan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan jika exit tol di wilayah Magelang ada di Desa Sukorini Kecamatan Muntilan. Namun, hal itu masih akan dilakukan kajian oleh Pemkab Magelang.

Pasalnya, wilayah tersbeut secara infrastruktur masih belum disipakan. Karena jalan pendukung juga masih terbatas.

“Kalau gambar ya paling baru gambar indikatif. Belum sampai ke pembebasan lahan. Masih jauhlah. Secara normatif pegadaan tanah untuk kepentingan umum itu kewenangan Gubernur,” kata Didik.

Sebagaimana diketahui, Jalan tol Bawen-Jogjakarta adalah salah satu proyek strategis prioritas nasional. Berdasarkan data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), tol sepanjang 71 kilometer ini membutuhkan biaya investasi sebesar Rp21,139 triliun. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: