Pemkab Magelang Siapkan 22 Milyar Untuk THR dan Gaji Ke-13 PNS

BNews-MUNGKID– Pemda Magelang siapkan 11 Milyar untuk Tunjangan Hari Raya (THR) dan 11 Milyar untuk gaji ke-13 tahun 2018 bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Magelang.

BNews-MUNGKID– Pemda Magelang siapkan 11 Milyar untuk Tunjangan Hari Raya (THR) dan 11 Milyar untuk gaji ke-13 tahun 2018 bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Magelang. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPPKAD Kabupaten Magelang, Adi Waryanto kepada awak media (5/6).

 

“Kami sudah siapkan anggaran tersebut, dan Pemkab Magelang tidak merasa membebani keuangan daerah meski mencapai milyaran rupiah,” katanya.

 

Dana untuk THR ASN tahun 2018 tersebut diambilkannya dari Dana ACRES bukan dari belanja kegiatan. “Dana tersebut merupakan dana cadangan pegawai, bukan dari belanja tidak terduga, atau kegiatan yang dijadwalkan, jadi kami nilai masih cukup,” imbuhnya.

 

Adi juga menambahkan, bahwa sebenarnya dana untuk THR ASN ini hanya dianggarkan sebesar Rp 6,5 Miliar, tetapi kemudian mengalami kekurangan sebesar Rp 4,5 Miliar. “Kekurangannya itu diambilkan dari dana ACRES yang merupakan dana cadangan pegawai,” tambahnya.

 

Perlu diketahui bersama bahwa anggaran ACRES ini memang termasuk dalam komponen gaji, seperti untuk kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pegawai pindahan, pegawai yang punya anak atau pegawai yang menikah. “Acres itu cadangan 2,5 persen di komponen gaji, Baru dianggarkan 6,5 miliar, kemudian kekurangannya 4,5 miliar dari acres itu, belum termasuk TPP, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan,” paparnya.

 

Selain THR, Pemkab Magelang juga menganggarkan dana kurang lebih Rp 11 Miliar lagi untuk pembayaran gaji ke-13 untuk para ASN. “Rencananya, gaji ke-13 ini akan dicairkan pada bulan Juli 2018 mendatang, dan anggaran kita masih cukup” jelasnya.

 

Sementara itu, Pjs Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, mengatakan, anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Magelang dinilainya cukup untuk membayarkan THR dan gaji ke-13 untuk ASN tahun 2018 ini dan tidak akan membenani keuangan daerah. “Tidak ada beban untuk keuangan Pemkab Magelang terkait ini, dan saya rasa cukup dengan sumber dana tersebut sehingga tidak mengambil dana belanja kegiatan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: