Pemkab Magelang Siapkan 7000 Alat Rapid Test, Sasar Eks Ijima Ulama

BNews—MUNGKID— Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang terus diupayakan segera terdeteksi. Apalagi, kasus ini banyak ditemukan di daerah pedesaan.


Salah satu langkah deteksi dini adalah dengan menyiapakan Rapid Test masal. Rapid test ini akan disebar di seluruh Kabupaten Magelang.

Pemkab Magelang, mengaku akan menyiapkan 7.000 alat tes cepat dari APBD untuk pemetaan dini penularan Covid-19 di wilayah tersebut. Salah satu targetnya ialah warga dengan riwayat kontak kluster Ijtima Ulama Gowa.

“Untuk memetakan penularan Covid-19 di wilayah tersebut. Tes cepat itu antara lain akan menyasar warga yang punya riwayat kontak dengan kluster Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan,” kata Korodinator Jubir Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang.

Menurutnya, 7000 alat Rapid Test itu akan segera dibeli dengan anggaran yang telah disiapkan. Pemkab Magelang sendiri sebelumnya telah melakukan refokusing anggaran.

Di Kabupaten Magelang sendiri kasus konfirmasi positif Covid-19 didominasi oleh Peserta Ijtima Ulama di Gowa Sulawesi Selatan. Jumlahnya 50 persen dari kasus yang ada di Kabupaten Magelang.


Mereka tersebar di sejumlah kecamatan. Mulai dari Secang, Windusari, Ngablak, Candimulyo, Tegalrejo.


Dengan adanya Rapid Test masal ini, diharapkan warga yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif maupun PdP bisa segera ditest.


Setelah hasil rapid test turun, makaa akan dilanjutkan dengan uji swab laboratorium untuk mengkonfirmasi. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: