Penentuan Awal Puasa PB NU dan PP Muhammadiyah Diprediksi Sama

BNews—NASIONAL— Bulan Suci Ramadhan tahun ini mungkin terasa berbeda karena berlangsung di tengah tengah pandemi Covid-19. Namun, ada yang menggembirakan bahwa kemungkinan besar jadwal dimulainya puasa antara PB NU dan PP Muhammadiyah akan sama.

Kedua ormas terbesar di Indonesia itu meyakini awal 1 Ramadhan akan jatuh pada hari hari Jumat 24 April 2020. Meskipun cara penentuan keduanya berbeda.

PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Hal ini tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2020 yang diunggah di situs resmi PP Muhammadiyah.

Sementara itu NU sudah mulai banyak mengeluarkan selebaran. Seperti PWNU Jatim yang juga mencantumkan 1 Ramadhan 1441 H diperkirakan mulai Jumat (24/4/2020).

Hanya saja PBNU masih menunggu hasil rukyatul hilal pada tanggal 23 April 2020 untuk memastikan awal puasa 1 Ramadhan. Sedangkan pemerintah akan menetapkan awal puasa 1 Ramadhan dalam sidang isbat yang juga dijadwalkan pada 23 April 2020.

Sidang isbat untuk menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah pada 23 April 2020, akan dilakukan Kementerian Agama melalui teleconference.

Hal ini lantaran masih terjadi pandemi Corona (Covid-19). “Isbat awal Ramadhan akan kami gelar dengan kehadiran peserta yang terbatas, selebihnya secara video konferensi,” kata Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin.

Kamaruddin mengatakan, hanya sebagian peserta sidang yang hadir di kantor Kemenag. Mereka adalah perwakilan MUI, DPR, Badan Hisab Rukyat

Kementerian Agama, dan pejabat eselon I serta II Ditjen Bimas Islam.

Undangan lainnya akan mengikuti saluran komunikasi dalam jaringan (daring) yang disiapkan tim Kementerian Agama.

Kamaruddin menyebut, sidang akan dimulai sebelum maghrib diawali paparan posisi hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah oleh Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama. “Setelah maghrib di Jakarta, sidang penetapan digelar tertutup.”

“Hasil sidang diumumkan oleh Menag Fachrul (Menteri Agama Fachrul Razi) melalui jumpa pers,” ujar dia. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: