Pengaruh E-Wallet Terhadap Pola Perilaku Konsumen Di Era Sekarang

BNews–OPINI-– Saat ini di dunia sedang berada di era revolusi industry 4.0. Salah satunya dinegara Indonesia.

Nah era revolusi industry 4.0 ini juga dikenal sebagai “Internet of Things” yang merupakan fase keempat dari sebuah navigasi revolusi industry. Dengan memasuki dunia virtual, dalam bentuk konektivitas antara manusia dengan mesin dan data.

Salah satu perubahan dalam revolusi industry 4.0 ini adalah dalam bidang digitalisasi dalam bentuk finansial, seperti layanan dalam pembayaran online.

Sebab masyarakat saat ini lebih suka dengan sesuatu yang praktis, mudah, dan simple sehingga dapat menghemat waktu, tenaga, dan pikiran mereka. Hanya dengan duduk ditempat saja atau hanya berdiam diri ditempat mereka dapat melakukan transaksi apapun itu tanpa harus menunggu, mengantri, dllnya.

Hal tersebut yang membuat masyarakat mengalami perubahan pola perilaku, maksudnya adalah masyarakat; menjadi mengalami perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya mereka melakukan transaksi secara kontak fisik. Sedangkan sekarang banyak tempat-tempat pelayanan yang menyediakan atau melayani transaksi secara online.

Hal inilah yang membuat masyarakat perlu menggunakan salah satu software yang ada di era revolusi industry 4.0 ini.

Contohnya adalah E-Wallet, adanya aplikasi ini dapat mempermudah kita dalam melakukan transfer, menyimpan uang;  hingga dalam melakukan pembayaran dalam satu kali klik melalui smartphone.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

E-Wallet sendiri merupakan alat transaksi dalam bentuk aplikasi atau software yang dilakukan secara online. E-Wallet ini juga dapat menyimpan riwayat transaksi sehingga semua pembayaran akan tercatat secara otomatis.

Selain itu dalam penggunaanya E-Wallet ini masih kurang fleksibel karena software ini masih terfokus; dengan transaksi online yaitu untuk membayar tagihan atau membayar online.

Dalam penggunaan E-Wallet kita harus memastikan bahwa smartphone yang kita gunakan harus terhubung dengan internet. Dan dalam menggunakan E-Wallet ini kita dapat melakukan pengisian saldo maximal sebesar Rp. 10.000.000,-.

System transaksi E-Wallet ini cukup mudah yaitu dengan mengisi saldo, kemudian jika kita akan membayar sesuatu. Kita dapat melakukan scan barcode yang disediakan atau bisa juga dengan mengklik pada opsi “kirim uang” atau “bayar”.

Jika kita ingin melunasi tagihan atau akan melakukan transfer bank nanti akan ada tutorialnya yang mudah dipahami dan diikuti. Nantinya pembayaran yang telah kita lakukan dengan sendirinya saldo kita akan terpotong.  

Aplikasi dari E-Wallet sendiri ada banyak yaitu ada DANA, LinkAja, GoPay, OVO, dan iSaku. Kelebihan yang akan kita dapatkan dari menggunakan E-Wallet ini adalah proses transaksi akan lebih cepat; menghemat waktu dan tenaga, dapat menghindari penipuan uang palsu; dan yang terakhir keuntungan yang disukai para masyarakat adalah promo yaitu dapat berupa cashback atau diskon.

Jika ada kelebihan pasti ada kekurangan, kekurangan dari penggunaan E-Wallet ini adalah adanya biaya admin; memancing pola hidup konsumtif atau pemborosan, dan merchant kecil belum terjangkau.

Penulis : Wulan Sekartyasmara ( Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!