Penjelasan BMKG Viralnya Cahaya Misterius Muncul Di Langit Paca Gempa Malang

BNews–NASIONAL– Viral sejumlah video di media sosial dan grup-grup perpesanan segera setelah peritiwa gempa bumi dari selatan Malang pada Sabtu siang lalu, 10 April 2021.

Satu di antaranya adalah video yang merekam cahaya kemerahan tersembul dari balik gumpalan awan di langit.

Narasi yang menyertai menyebut video direkam di Kota Malang setelah heboh guncangan gempa pada Sabtu siang.

Dalam video berdurasi 13 detik tersebut terdengar suara beberapa warga yang bertanya-tanya tanda apa yang nampak di langit.

Dimintai tanggapan atas isi video itu, Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hari Tirto Djatmiko menegaskan kalau cahaya tersebut tak memiliki kaitan dengan kejadian gempa.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Dia mencermati apa yang tampak dalam video adalah pembentukan dan pertumbuhan awan konvektif Cumulus menjadi Cumulonimbus.

“Sedangkan cahaya yang tampak di belakang awan tersebut merupakan pembiasan cahaya dari sinar matahari yang tertutup oleh awan,” katanya (11/4/2021).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menurut Hari, kondisi yang sama (pembiasan) yang membawa berbagai macam jenis gelombang panjang, salah satunya, cahaya tampak.

Menurutnya panjang gelombang dari cahaya matahari yang masuk ke Bumi dihalau dan disaring oleh partikel-partikel yang ada di atmosfer dan sekitar awan-awan.

Gelombang tersebut yang saat kondisi cuaca cerah-berawan disertai pembentukan dan pertumbuhan awan-awan konvektif; kemudian berinteraksi dengan partikel-partikel penyusun yang ada di atmosfer.  Dan kemudian menghasilkan penghamburan cahaya. (***)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: