Peringati Hari Warisan Dunia, UNESCO-Citi Gelar Tur Borobudur Secara Virtual

BNews—MAGELANG— Kawasan Candi Borobudur adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Magelang yang menjadi tujuan wisatawan. Namun di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pengunjung tidak bisa leluasa lagi.

Terkait hal tersebut, Unesco Jakarta dan dan Citi Indonesia dengan dukungan Citi Foundation menggelar acara yang menarik. Dalam rangka memperingati Hari Warisan Dunia tahun 2021, mereka membuat acara mengunjungi situs-situs bersejarah melalui virtual.

Acara tersebut berlangsung pada tanggal 27 April 2021 dan ditayangkan secara live. Yakni melalui Youtube Balai Konservasi Borobudur dan Instagram Kita Muda Kreatif.

Para peserta, diajak untuk mengeksplorasi situs warisan dan perdesaan disekitar Candi Borobudur. Kemudian mengunjungi sanggar-sanggar kreatif yang dimiliki oleh para generasi muda dan menikmati pertunjukan istimewa dari para seniman muda asal Borobudur.

Acara ini diikuti lebih dari 200 peserta dari 27 provinsi di seluruh Indonesia. Animo masyarakat pun sangat tinggi, terlihat dari interaksi para peserta dalam kolom Zoom Interaktif.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Dalam acara bertajuk ’Complex Pasts: Diverse Futures’ tersebut, Unesco Jakarta dan dan Citi Indonesia menjadi tuan rumah Virtual Tur Kawasan Borobudur. Program ini bekerjasama dengan Balai Konservasi Borobudur, dan pemandu-pemandu muda dampingan Program Kita Muda Kreatif.

Program Kita Muda Kreatif sendiri adalah program pemberdayaan pemuda UNESCO-Citi yang menargetkan 300 wirausaha muda. Para wirausaha tersebut yang berada di situs-situs warisan dunia di Danau Toba, Borobudur, Prambanan, Klaten, Yogyakarta, Kotatua, Jakarta, Bali dan Lombok.

”Pandemi global telah memaksa kita untuk berpikir kreatif dan mencari alternatif  untuk menikmati pengalaman berkunjung ke situs budaya. Virtual Tur adalah satu hasil eksperimen luar biasa, di mana dengan bangga kita mempersembahkan karya Virtual Tour ini dalam rangka Hari Warisan Dunia,” kata Chief and Programme Specialist for Culture, UNESCO Jakarta, Moe Chiba dalam keterangan pers, Selasa (27/4/2021).

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Dia menjelaskan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mayarakat akan keberadaan Situs Warisan Dunia Borobudur Temple Compounds dan keterkaitannya dengan kawasan perdesaan disekelilingnya.

Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung keberagaman sekaligus pelestarian budaya di Indonesia. Salah satunya melalui program Creative Youth at Indonesian Heritage Sites/Kita Muda Kreatif.

”Dalam tahun ke-4 pelaksanaanya, fokus utama program ini adalah untuk turut membangun ekosistem yang mendukung dan berkontribusi pada kehidupan yang berkelanjutan bagi wirausahawan muda di industri kreatif yang tinggal di sekitar situs warisan Indonesia,” ujar dia. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: