Peristiwa Bersejarah 22 Agustus: Konvensi Jenewa I hingga Terbentuknya BKR Cikal Bakal TNI

BNews—SEJARAH— Beragam peristiwa penting terjadi, baik di Indonesia, maupun di berbagai belahan dunia pada tanggal 22 Agustus.

Mulai dari penandatanganan Konvensi Jenewa I, yang merupakan bagian penting dari Palang Merah Internasional, hingga pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang menjadi cikal bakal Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Selain peristiwa bersejarah tersebut, beberapa kejadian penting lainnya juga terjadi pada tanggal 22 Agustus, berikut beberapa di antaranya, seperti dirangkum dari beberapa sumber:

1770 – James Cook Tiba di Pesisir Timur Australia

James Cook adalah seorang penjelajah dan navigator garis asal Inggris. Ia mengadakan tiga perjalanan ke Samudera Pasifik dan berhasil menentukan garis-garis pantai utaranya. Cook juga membuat peta.

1864 – Penandatanganan Konvensi Jenewa 1

Sebanyak 13 negara menandatangani Konvensi Jenewa 1 untuk melindungi korban perang dan memperkenalkan lambang Palang Merah.

Konvensi Jenewa terdiri dari empat perjanjian dan tiga protokol tambahan yang menetapkan standar hukum internasional untuk pengobatan kemanusiaan perang.

Pada 1862, Henry Dunant menerbitkan bukunya ‘Memory of Solferino (Kenangan Solferino)’ mengenai kengerian perang.

Pengalaman Dunant menyaksikan perang mengilhami untuk mengusulkan dibentuknya perhimpunan bantuan permanen untuk memberikan bantuan kemanusiaan pada masa peranf dan dibentuknya perjanjian antarpemerintah yang mengakui kenetralan perhimpunan tersebut dan membolehkannya memberikan bantuan di kawasan perang.

Usulan pertama berujung dibentuknya Red Cross (Palang Merah). Sedangkan usulan kedua berujung pada dibentuknya Konvensi Jenewa 1. Kesepuluh pasal Konvensi Jenewa diadopsi untuk pertama kalinya pada 22 Agustus 1864 oleh 12 negara.

1910 – Korea Menjadi Wilayah Jajahan Jepang

Jepang dan Korea menandatangani Perjanjian Jepang Korea 1910. Atas perjanjian itu, wilayah Korea secara resmi menjadi kekuasan Jepang. Namun pada akhir Perang Dunia II, tepatnya pada 2 September 1945, Jepang melepaskan kekuasaannya atas Korea.

1945 – Pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR)

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) untuk menjaga keamanan di wilayah Indonesia. Pada 5 Oktober di tahun yang sama, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan diubah lagi pada 26 Januari 1946 menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Nama tersebut kembali diubah pada 3 Juni 1947 menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dipakai hingga kini. (*)

Sumber: Okenews

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: