Pesan Kebinekaan Menggema dari Festival Takbir Gunungpring Muntilan

BNews—MUNTILAN— Festival Takbir Magelang di Halaman Masjid Simbah Kyai Abdurrihim Nepen Gunungpring Kecamatan Muntilan berlangsung meriah, kemarin malam (10/8). Kegiatan 12 kelompok mengakat tema kebinekaaan.

Muhammad Mirza Khabibi selaku panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi agenda tahunan  dari Forum Generasi Muda Nepen (FOGMEN)  dan Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja FOGMEN untuk menjaga tradisi islami. “Disamping itu kegiatan ini juga mempunyai tujuan untuk mengembangkan kreativitas dalam bidang seni dan musik. Disisi lain juga sebagai media untuk mengurangi konvoi / pawai pada malam perayaan Idul Adha,” katanya.

Advertisements


Kegiatan yang mengangkat tema “Semangat Kebhinekaan dalam Lantunan Takbir” dengan maksud agar para peserta & masayarakat lain untuk tetap menajaga keutuhan NKRI. “Melalui budaya – budaya religi dan selalu menjaga toleransi antar umat beragama. Selain itu tema yang kita usung sekaligus memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke 74,” imbuhnya.


Dalam Festival ini terdapat 12 kelompok peserta yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu 6 dari kategori Dewasa & 6 dari kategori Anak – anak. Untuk kategori dewasa yaitu Juara 1 Al Jamil Kembaran, Juara 2 Bondesta Ketaron, Juara 3 RJA Al Izza Macanan, Juara Harapan 1 Al Hasby Ponpes Simbah Gus Jogorekso, Juara Harapan 2 Ragile NU PR IPNU IPPNU Gunungpring & Juara harapan 3 Sabda Percussion Sedayu. The best  bedugher diraih oleh Al Jamil Kembaran, The best Vocalist  diraih oleh Al Hasby Ponpes Simbah Gus Jogorekso,  The best aransement  diraih oleh Bondesta Ketaron & The best Tim diraih oleh Ragile NU PR IPNU IPPNU Gunungpring.

“Untuk kategori Anak – anak keluar sebagi pemenang yakni Juara 1 Maulidur Rosul Gunungpring, Juara 2 Abakura Ketaron, Juara 3 Mabissalam Salaman, Juara Harapan 1 Al Assyaqin Nepen, Juara Harapan 2 RAS Junior Sedayu & Juara harapan 3 FEM Nglumut Srumbung. The best  bedugher diraih oleh RAS Junior Sedayu, The best Vocalist diraih oleh Maulidur Rosul Gunungpring , The best aransement diraih oleh Al Assyaqin Nepen dan The best Tim oleh Mabissalam Salaman di kategori Anak – anak,” paparnya.

“Semua juara mendapatkan piala, piagam & uang pembinaan dari panitia, semoga kegiatan ini akan terus bergulir,” tandasnya.

Sementara salah satu peserta Silvi Siina mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Selain kegiatan ini juga mengisi malam takbiran tetapi juga mempererat silahturahim antar peserta, dan Alhamdulillah kali ini bisa menjadi juara 1 kategori Dewasa bisa menjadi motivasi buat teman – teman kami untuk bisa tampil dan ikut di kegiatan festival takbir yang akan datang,” ungkapnya.

Turut hadir Jawawi  Plt. Camat Muntilan menambahkan dalam kegiatan ini dirinya membacakan sambutan Bupati Magelang dimana menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada panitia penyelenggara FOGMEN telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif dan mampu memberikan wadah bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang.untuk mengembangkan kreativitas musik religi.

“Harapannya kegiatan seperti ini bisa terus di lestarikan untuk tiap tahunnya agar bisa menjaga budaya – budaya islami dan menjaga kerukunan antar sesama golongan,” pungkasnya. (bsn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: