PPMT Unimma Bantu Pengembangan Medsos UMKM Kerupuk Kulit Tiga Berlian Desa Banyuwangi

BNews—BANDONGAN— Media sosial dinilai sangat penting di era digital saat ini. Termasuk untuk pengembangan bisnis atau usaha.

Hal itu yang mendorong Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mendampingi UMKM Kerupuk Kulit Tiga Berlian Dusun Dekoro, Desa Banyuwangi, Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, Melalui Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) mereka fokus pengembangan pemasaran via medias osial.

“Utamanya pendampingan optimalisasi media sosial dan pembukuan yang bertujuan meningkatkan kinerja UMKM,” kata Ketua PPMT Unimma, Maimunah, S.Si.,M.Kom.

Dalam kesempatan ini, dia mengatakan timnya beranggotakan lima orang mahasiswa. Yakni Heru Yusmanto, Devara Avila Sebastian dan Daffa Syahnakri M.R dari Fakultas Teknik program studi Teknik Informatika (S1), Henni Lestari dan Salsabila Putri Abhiseka dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi (S1).

Mereka mengusung tema “Optimalisasi Pengelolaan UMKM Kerupuk Kulit Tiga Berlian Desa Banyuwangi Kabupaten Magelang Berbasis Teknologi”.

“PPMT sudah kita laksanakan sejak pertengahan bulan Juni 2021 yang meliputi optimalisasi media sosial dengan pendampingan pembuatan Website, akun Instagram dan akun Shopee,” ujarnya dalam keterangan persnya, Sabtu (17/7).

Dia menuturkan, selama ini media pemasaran atau promosi yang dilakukan UMKM Tiga Berlian hanya menggunakan pemasaran lokal yang hanya mencakup promosi di daerah sekitar saja. Sehingga, pelanggan yang membeli belum terlalu banyak dan produknya pun belum terlalu dikenal publik yang lebih luas.

Selain di bidang promosi dan pemasaran, kata Maimunah, kelompoknya juga melakukan pendampingan untuk pembukuan UMKM Tiga Berlian, karena belum menggunakan pembukuan. Akibatnya untuk pencatatan keuangan belum sesuai Standar Akuntansi.

Heru, mahasiswa peserta PPMT menambahkan, peluang pemasaran di UMKM Tiga Berlian sebenarnya memiliki peluang yang besar. Karena belum maksimal dalam promisinya jadi belum banyak orang yang mengetahui.

Sementara itu, Pemilik UMKM Tiga Berlian, Muh. Amin mengaku, pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Unimma ini.

Kegiatan PPMT ini diimplementasikan dengan pembuatan website dan akun media sosial untuk menigkatkan pemasaran dan promosi di UMKM Tiga Berlian.

“Kami menjadi lebih mengetahui soal pemasaran yang lebih luas lagi dengan memanfaatkan website dan media sosial. Harapan kami ke depan UMKM Tiga Berlian dapat memperluas pemasaran dan makin dikenal luas publik,” ungkapnya. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: