PPMT UNIMMA Lakukan Workshop Media Pembelajaran Digital di SD N Soronalan 1

BNews-MAGELANG-Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) adalah kegiatan PKM yang dilaksanakan secara terintegrasi antara dosen dengan kelompok mahasiswa.

Bagi dosen, PPMT merupakan pengembangan dari Program Kemitraan Universitas (PKU) sedangkan bagi kelompok mahasiswa merupakan pengembangan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Keterpaduan kedua program tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan PKM oleh civitas akademika Unimma terutama dalam membantu menyelesaikan permasalah di masyarakat”, Tegas Dr. Retno Rusdjijati, M. Kes selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Sejumlah 5 mahasiswa yang diketuai Agung Dwi Cahyo dan anggotanya yaitu Fanny Rahma Fitria, Syifa Akifah, Sus Fera Rosiyani; dan Tazkia Maharani Afiana dengan dosen pembimbing Kun Hisnan Hajron, M. Pd mengusung tema; “Pelatihan Aplikasi (Educaplay, Wordwall, Puzzle Maker, Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengambangkan Media Pembelajaran Digital Di SD Negeri Soronalan 1 Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang”.

“Tema yang kami usung bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menarik, kreatif dan inovatif sesuai dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di era sekarang”, Tutur Agung Dwi Cahyo.

Ia mengungkapkan bahwa tema tersebut di usung berdasarkan permasalahan mitra yang diantaranya yaitu literasi guru terkait aplikasi-aplikasi media pembelajaran digital sangat terbatas, rendahnya pengetahuan guru terkait aplikasi-aplikasi yang accessible dan asumsi para guru yang menganggap bahwa membuat media pembelajaran digital merupakan hal yang sulit.

Kegiatan pelaksanaan tersebut direncanakan selama 1 bulan yang diawali dengan kegiatan sosialisasi, pelatihan dan praktik, pendampingan, monitoring dan evaluasi.

“Kami berharap solusi dari permasalahan tersebut dapat teratasi dengan pemberian pelatihan bagi guru terkait pemanfaatan IPTEK; yang dapat digunakan untuk meningkatkan penggunaan media pembelajaran berbasis digital; sehingga proses pembelajaran di SD Negeri Soronalan 1 semakin menarik”, Tutur Kun Hisnan Hajron, M. Pd

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Suisman, S. Pd selaku Kepala Sekolah SD Negeri Soronalan 1 mengatakan bahwa program tersebut sangat membantu; para guru untuk menciptakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang menarik, kreatif dan inovatif di era kemajuan IPTEK saat ini. Sehingga Dalam proses dan praktiknya, guru dapat mengembangkan kompetensi profesionalitasnya melalui pemanfaatan IPTEK. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: