PPMT UNIMMA Memanfaatkan Aplikasi Inlislite Untuk Otomasi Perpustakaan Di Bandongan

BNews–MAGELANG- Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) adalah program penyetaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa UNIMMA. Dimana kali pada tahun 2021 ini sudah sampai periode PPMT yang ke 3.

Untuk kelompok kali ini melakukan kegiatan PPMT di Perpustakaan Nusa Indah yang beralamat di Jl Raden Abdulloh No 2, Kwancen, Bandongan, Magelang.

Kelompok tersebut terdiri dari Fandy Wicaksono (Akuntansi), Shyara Fina (Manajemen), Hanafiah Ramadani (Manajemen), Renti Safitri (Manajemen). Sementara dengan Dosen Pembimbing kelompok ini adalah Betari Maharani, S. E., M. Sc.

Perlu diketahui Perpustakaan Desa Nusa Indah dalam hal pengelolaannya masih dilakukan secara manual. Melihat hal ini kelompok PPMT UNIMMA berinisiatif melakukan otomasi perpustakaan dengan menggunakan aplikasi INLISLite.

Dimana INLISLite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011.

Dimana manfaatnya adalah membantu pengembangan otomasi perpustakaan di seluruh Indonesia; dan sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full-text dan multimedia.

Dalam pelaksanannya pihak mahasiswa PPMT melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada pengurus perpustakaan serta karang taruna untuk mengoperasikan aplikasi ini. Sehingga manfaatnya pun bisa dirasakan oleh warga sekitar.

Dalam pelatihan yang dilakukan, kami melatih tata cara penginputan buku, pembuatan katalog, prosedur pendaftaran anggota perpus; prosedur pendataan kunjungan anggota dan prosedur peminjaman buku yang semuanya dilakukan di dalam aplikasi INLISLite.

“Sehingga dengan hadirnya aplikasi INLISLite ini bisa mempermudah tugas pengurus perpustakaan. Selain itu banyaknya fitur – fitur yang ada di dalam aplikasi seperti prosedur peminjaman buku, pendaftaran anggota dan semacamnya sudah tidak lagi dilakukanyal secara manual ” ujar Fandy ketua kelompok PPMT. (adv)

1 Comment
  1. Pak Carik says

    Kereen

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: