Presiden Jokowi Lepaskan Elang Jawa dan Tanam Pohon di Srumbung Magelang

BNews–SRUMBUNG– Ribuan masyarakat Kecamatan Srumbung Magelang dan sekitarnya sambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kawasan TNGM Jurang Jero pagi tadi (14/2/2020). Kedatangannya mendapat sambutan meriah dari masyarakat sekitar yang sejak pagi berkumpul di kawasan tersebut.

Kedatangan Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup, Menteri PU PR, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin. Ada juga Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuono X, dan pejabat daerah lainnya. Ia melakukan kunjungan kerja meninjau kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, sekaligu melakukan beberapa kegiatan bersama warga.

Dengan mengenakan baju putih celana panjang hitam, Jokowi berjalan ditemani pejabat lainnya. Dirinya menengok beberapa presentasi mulai dari Pesawat Aeromodeling pemantau merapi, Geografis dan Sejarah Merapi dan Kawasan Konservasi serta Taman Nasional se Indonesia.

VIDEO KUNJUNGAN JOKOWI DI JURANG JERO :

Selanjutnya Jokowi berjalan menuju lokasi pelepasan burung edemik hutan merapi yakni elang jawa. Bersama pejabat lainnya, ia melepas liarkan burung elang jawa ke habitatnya untuk menjaga ekosistem Hutan Merapi.

Setelah itu Jokowi secara simbolis melakukan penanaman pohon Pulai yang memiliki nama latin Aistonia Scholaris. Dirinya sambil menyapa masyarakat serat senda gurau.

Loading...

“Sudah tahu belum kalau pohon pulai ini bisa tumbuh besar?,” tanya Jokowi kepada warga yang disambut dengan teriakan “Bisa” bersama-sama oleh warga.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Pohon pulai ini bisa tumbuh sangat besar dengan kurun waktu tertentu. Sehingga nantinya ekosistmen alam tetap terjaga,” ungkap Jokowi di depan ribuan warga yang mengelilinginya.

NEWS: Presiden Jokowi saat melihat presentasi sial Gunung Merapi dan Taman Nasional di Indonesia (14/2/2020)-(Foto: Bayu Sapta Nugraha)
NEWS: Presiden Jokowi saat melihat presentasi sial Gunung Merapi dan Taman Nasional di Indonesia (14/2/2020)-(Foto: Bayu Sapta Nugraha)

Selain pohon pulai, penanaman ribuan bibit pohon berbagai jenis seperti pohon Salam dan lainnya. “Owh ini pohon salam ya?. yang daunya bisa buat masak itu ya,” tanyanya kepada seorang nenek yang ikut aksi penanaman pohon tersebut.

“Tolong dijaga dan dirawat ya. Bagi masyarakat nanti yang mau menanam pohon bisa ambil bibitnya di kantor depan,” tunjuknya memberi pesan kepada warga yang datang.

Setelah itu Jokowi berjalan menuju mobil sambil menyalami warga yang berkerumun. Puluhan kaos hitam dibagikan dan diperebutkan oleh warga.

Slamet, seorang kakek yang mendapatkan kaosnya mengungkan rasa senangnya. “Senang sekali dapat kaos ini. Bukan masalah kaosnya namun ini dari Presiden RI yang kita cintai semua,” ungkapnya saat diwawancarai wartawan Borobudur News.

Jokowi diagendakan setelah sholat Jumat akan bertolak ke Gunung Kidul Yogyakarta. Dirinya akan mengunjungi hutan wanagama disana. (bsn)

1 Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: