Ritual Di Puncak Gunung Ungaran, Tiga Warga Semarang Dilaporkan Hilang

BNews–JATENG– Terdapat tTiga warga dilaporkan hilang diduga tersesat di Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, saat menjalani ritual, Rabu (4/8/2021).

Sampai saat ini tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap pendaki yang hilang itu.

Anggota sukarelawan SAR Bumi Serasi Kabupaten Semarang, Prapto Nugroho, mengatakan, awalnya ada enam pendaki yang naik ke Gunung Ungaran melalui Ngipik. Keenam pendaki itu terdiri atas empat pria dan dua wanita.

Mereka mendaki gunung untuk menuju ke sendhang (telaga) guna melakukan suatu ritual. “Mereka bukan pendaki, informasinya mau ritual,” ujarnya, seperti dikabarkan Detik.com, Jumat (6/8/2021).

Rombongan asal Salatiga itu terpisah menjadi dua kelompok terdiri dari masing-masing 2 laki-laki dan 1 perempuan. Satu kelompok berhasil turun namun yang lainnya hilang dan putus komunikasi.

“Tiga sudah pulang, tiga lainnya masih pencarian,” katanya.

Dari informasi yang diperoleh, tiga orang yang masih dalam pencarian bernama Roni Abdillah, 40, Mindiyanah, 38, dan Seto, 50. Ketiga orang itu merupakan warga Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sebagai informasi, Gunung Ungaran tingginya sekitar 2.050 meter yang tergolong masih aktif. Gunung ini memiliki sumber mata air panas yang letaknya di sekitar Candi Gedong Songo dan Gonoharjo.

Dikutip dari Wikipedia, masyarakat setempat meyakini ada makam Dasamuka di lereng gunung ini, tepatnya di antara jajaran candi yang terdapat kawah berbau belerang. Kawah belerang inilah yang diyakini sebagai makam Dasamuka.

Konon Dasamuka yang suka mabuk dikubur di kawah ini oleh Hanoman. Hanoman sendiri kemudian berdiam di Gunung Telomoyo di Magelang untuk mengawasi Dasamuka jika sewaktu-waktu bangkit.

Dasamuka bisa bangkit jika ia mencium bau minuman keras, hingga masyarakat setempat (dulu) tidak berani minum minuman keras di areal Candi Gedong Songo.

Gunung Ungaran memiliki tiga puncak yaitu Gendol, Botak, dan Ungaran. Puncak tertingginya adalah Ungaran.

Dari puncak gunung ini, jika memandang ke utara akan terlihat Kota Semarang dan Laut Jawa sedangkan jika membalikkan badan, akan terlihat jajaran (dari kiri ke kanan) Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Kendalisodo dengan Rawa Peningnya, beserta Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prahu. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: