Rumah Kemasan Jateng, Membuat Packaging Produk UKM Lebih Menarik

BNews—JATENG—Ditengah aktivitas gowes pagi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mampir disebuah gedung yang menarik perhatiannya. Yang bertuliskan Rumah Kemasan, di Jl Ki Mangunsarkoro Kota Semarang, hari ini (10/7/2020).

Diketahui, tempat tersebut adalah Balai Industri Kreatif, Digital dan Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng. Yakni melayani konsultasi pembuatan merk, logo, design kemasan, liflet, pamflet, karton box dan aneka produk kemasan lainnya bagi UKM unggulan Jateng.

”Kita lihat ini ternyata kemasan ayam goreng khas Purbalingga. Kemasannya menarik kan, sudah layak dijadikan hadiah untuk keluarga, teman dan handai taulan,” kata Ganjar.

Di dalam gedung itu, Ganjar melihat display produk-produk UKM dari berbagai daerah di Jateng yang dikemas dengan menarik. Ia juga melihat mesin-mesin pembuat produk kemasan yang cukup canggih, dengan hasil cetakan yang berkualitas.

Tempat tersebut juga ada bagian pelayanan untuk konsultasi para UKM tentang pemasaran produk secara gratis. “Kalau packagingnya sudah sebagus ini, maka tidak hanya laku di pasar tradisional, tapi bisa masuk swalayan bahkan bisa ekspor,” imbuhnya.

Ganjar pun berharap, pelaku UKM Jateng dapat terus meningkatkan kualitas produknya. Dirinya yakin bahwa banyak produk UKM Jateng yang rasanya enak dan tidak kalah dengan produk pabrikan besar.

Plt Kepala Balai Industri Kreatif, Digital dan Pemasaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng, Sukeriyanto menjelaskan balai tersebut berdiri sejak 2017 lalu. Di tempat itu melayani konsultasi gratis tentang pemasaran produk UKM.

”apabila ada pelaku UKM sudah punya produk tapi belum punya logo, design dan kemasannya, selalu datang untuk konsultasi dan kami bantu pendampingan,” jelasnya.

Download Musik Keren Disini

Pihaknya juga kerap menggelar pendampingan di berbagai daerah di Jateng dan seringkali, digelar workshop tentang packaging, marketing, manajemen dan lainnya. Selain itu, juga membantu UKM dalam pencetakan kemasan dengan harga jauh lebih murah dari pasaran.

“Pesanan kami tidak hanya UKM dari Jateng, tapi juga beberapa daerah lain. Contohnya, kami baru saja melayani pesanan kemasan dari Aceh dan Batam,” pungkasnya. (lhr/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: