Sejarah Asal Mula Lahirnya Gunung Merapi

BNews—MUNGKID— Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Gunung yang terletak diantara Provinsi Jawa Tengah dan DI Jogjakarta ini aktifitas erupsinya kerap menjadi sorotan dunia.

Erupsi paling terkenal adalah erupsi pada tahun 1.006 Masehi. Sementara erupsi modern paling besar terjadi pada 26 Oktober 2010. Sedikitnya 353 orang tewas termasuk juru kunci Mbah Maridjan.

Terdapat perbedaan pendapat dari para ahli mengenai pembagian periodesasi sejarah Gunung Merapi. Wirakusumah dan kawan-kawan dalam Geologic Map of Merapi Volcano Central Java (1989) membaginya menjadi dua fase besar, yakni fase Merapi Muda dan fase Merapi Tua.

Sedangkan penelitian P Berthommier berjudul ’Volcanological Study of Merapi (Central Java): Tephrostratigraphic and Chronology-Eruptive Products’ (1990) menyatakan periodesasi gunung ini dibagi menjadi empat tahap. Yaitu fase Pra-Merapi, fase Merapi Tua atau Purba, fase Merapi Pertengahan dan fase Merapi Baru.

Menurut Berthommier, ia memperkirakan jika fase Pra-Merapi terjadi kurang lebih 400 ribu tahun lalu. Pada tahap pertama ini, Gunung Merapi belum lahir.

Sementara yang ada waktu itu adalah gunung yang dikenal dengan nama Gunung Bibi. Letaknya di lereng timur Merapi sekarang (kini termasuk wilayah Boyolali).

Setelah Gunung Bibi hancur, tumbuh gunung baru di sebelah baratnya pada sekitar 60 ribu tahun lalu. Inilah fase Merapi Tua atau Purba.

Loading...

Lava basaltik (endapan batuan dari pembekuan magma) gunung ini membentuk dua bukit yang kemudian dikenal sebagai Turgo dan Plawangan (terletak di Sleman, Jogjakarta).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik di sini)

Periode ketiga adalah fase Merapi Pertengahan yang terjadi sekitar 8 ribu tahun silam. Lelehan lava dari Merapi pada tahap ini membentuk Bukit Batulawang dan Bukit Gajahmungkur di sisi utara dari puncak.

Selama sesi ini, Merapi sudah melelehkan lava dan mengeluarkan awan panas. Diperkirakan juga sempat terjadi letusan eksplosif, meskipun erupsi Merapi amat jarang bertipe seperti ini. Area kawah yang dinamakan Kawah Pasarbubar juga terbentuk pada periode ini.

Tahap terakhir oleh Berthommier disebut fase Merapi Baru yang dimulai sejak 2 ribu tahun lalu. Kawah Pasarbubar yang terbentuk di periode ketiga membentuk kerucut di puncak Merapi. Sedang batuan dasar yang menyusunnya diperkirakan masih berasal dari fase Merapi Tua. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: