Sidang Isbat Awal Zulhijjah Digelar 21 Juli, Ini Lima Lokasi Pemantauan Hilal Di Jateng

BNews—NASIONAL—Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat awal Zulhijjah 1441H pada Selasa, (21/7/2020) mendatang. Sidang akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim. Dia mengungkapkan, sidang akan digelar dengan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

”Isbat awal Zulhijjah digelar 21 Juli 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” kata Agus, Jumat (17/7/2020).

Untuk peserta, lanjut dia, berasal dari unsur pimpinan ormas Islam. ”Kita undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan,” imbuhnya.

Agus menjelaskan bahwa sidang isbat terbagi dalam tiga tahap. Sesi pertama, dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Zulhijjah 1441H oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Sesi kedua, dimulai setelah Magrib dan dipimpin oleh Menag. Sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 84 titik di seluruh Indonesia.

”Sesi ketiga, Menteri Agama mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kementrian Agama menyiapkan lima lokasi pemantauan hilal di Jawa Tengah dari 84 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Yakni Candi Sukuh Kabupaten Karanganyar, Assalaam Observatory Komplek PPMI Assalam Kartasura Sukoharjo Kota Surakarta.

Kemudian, Menara Al-Husna Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, Wisata Pantai Alam Indah Tegal, dan MAN 1 Surakarta. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: