SIMAK !! Wajib Mengurus Izin Pendirian Bangunan di Kota Magelang, ini Caranya

BNews–MAGELANG- Terdapat informasi penting dan sangat berguna bagi warga masyarakat yang tinggal di wilayah Kota Magelang. Pasalnya, hal ini berhubungan dengan pembangunan.

Dimana bagi masyarakat di Kota Magelang wajib mengantongi perizinan pemanfaatan ruang melalui program persetujuan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (PKKPR). Hal tersebut bagi warga yang memiliki rumah atau bangunan non komersil di area Kota Magelang.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang, MS Kurniawan.

Ia juga menegaskan, PKKPR merupakan izin dasar sebelum memperoleh akses pemanfaatan lingkungan dan pemakaian gedung.

“Syarat ini digunakan sebagai acuan pemanfaatan ruang dan administrasi pertanahan,” katanya (24/3/2023).

Kurniawan menjelaskan langkah tersebut merupakan upaya dalam memaksimalkan daya dukung serta daya tampung lingkungan hidup. Khususnya di wilayah Kota Magelang.

Disebutkan juga, pembaharuan tersebut telah tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021. Yakni tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Jadi bangunan non berusaha seperti rumah, tempat ibadah, yayasan sosial, yayasan keagamaan, pendidikan dan kemanusiaan dapat diusulkan ijinnya melalui PKKPR,” sebutnya.

Program ini, lanjutnya, juga dapat digunakan untuk izin pendirian bangunan dalam rangka melaksanakan berbagai kegiatan yang tidak bersifat strategis nasional.

“Dengan catatan tidak dibiayai menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” terangnya.

Dirinya mengungkapkan, segala pembangunan yang dilakukan oleh perseroan terbatas (PT) atau bentuk tanggung jawab sosial; dan lingkungan sosial melalui Corporate Social Responsibility (CSR) juga wajib memiliki izin dasar PKPPR.

Lebih lanjut, Wawan menyebutkan sistematika perolehan pemanfaatan ruang didapatkan secara mudah. Yakni dengan mengisi sejumlah kelengkapan pendaftaran PKKPR Kegiatan Non Berusaha diantaranya; mengisi identitas pemohon, mengumpulkan rencana teknis bangunan dan melampirkan pertimbangan dari kantor pertanahan.

Sedangkan untuk proses pengajuannya, pengusul dapat melakukan pendaftaran PTP di Kantor Pertanahan; dan PKKPR melalui DPUPR Kota Magelang.

Usulan tersebut lanjutnya kemudian akan dikaji oleh petugas dan dinas-dinas terkait untuk menentukan hasil perizinan pemanfaatan ruang di Kota Magelang.

“Proses permohonannya hingga disahkan oleh Walikota Magelang kurang lebih memakan waktu selama 25 hari,” tandasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!