Sosok Duta Genre Kabupaten Magelang Seorang Mahasiswi UNIMMA

BNews–GENZ– Seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Magelang berhasil menjadi juara Duta Genre Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Magelang. Ia adalah Rina Widianingrum, 21, seorang mahasiswi jurusan PGSD semester 4.

Berdasarkan Live streaming channel youtube PGSD Unimma (29/7/2020), Rina menceritakan kesuksesannya. Tampak Rina yang merupakan sosok yang sangat inspiratif, inovatif, dan kreatif.

Dari pembicaraan dalam video tersebut, Rina mengungkapkan bahwa Ia memiliki hobi terhadap dunia olahraga. Ia bahkwan memiliki prestasi dalam bidang itu, seperti pernah menjadi juara 2 dan juara 3 basket putri.

Rina juga pernah aktif dalam organisasi Osis maupun kepramukaan. Dirinya dinobatkan menjadi juara saat Grand Final Pemilihan Duta Genre Kabupaten Magelang Tahun 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 13 juli 2020 lalu di Balkondes Wringin Putih Borobudur. Dimana acara tersebut diadakan oleh BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) dan Dinas Sosial Kabupaten Magelang.

Untuk diketahui, program Duta Genre tersebut dilakukan dilakukan dengan tujuan untuk mensosialisasikan program penekanan jumlah penduduk. Karena banyaknya pernikahan dini, sehingga melalui program generasi berencana (genre) dilakukan oleh BKKBN.

Program tersebut diikuti oleh mahasiswa dan pelajar dari Kabupaten Magelang. Termasuk peserta dari Universitas Muhammadiyah Magelang.

Dan kegiatan tersebut terselenggara juga atas kerja sama BKKBN dan Dinsos Kabupaten Magelang bersama Universitas Muhammadiyah Magelang. Kedua belah pihak diketahui sudah menjalin kerja sama dalam pelaksanaan pemilihan Duta Genre Tahun 2020 tersebut.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Duta genre merupakan duta generasi berencana yang dikembangkan oleh PIKR (Pusat Informasi Konseling Remaja). Mahasiswa yang lolos dalam duta genre dinamakan sebagai duta, seorang duta dianggap sebagai sosok figur atau sosok inovator untuk mensosialisasikan serta mengedukasi kepada remaja mengenai program genre.

Pentingnya duta genre di remaja yaitu untuk mensosialisasikan genre terhadap masyarakat luas dan untuk mempermudah komunikasi dengan remaja sehingga dapat terlaksanakan dan tepat pada sasaran. Sasaran pada duta genre yaitu remaja dan keluarga yang berada di lingkungan Magelang. Apabila tidak ada duta genre maka tidak ada sosok figur yang mensosialisasikan kepada masyarakat dan memotivasi masyarakarat khususnya kepada remaja.

Kembali kepada Rina, bagaimana dirinya tertarik mengikuti seleksi duta genre. Ia mengaku sebagai salah satu mahasiswi yang aktif dalam organisasi kampus yang bernama UKM PIKR Surya Unimma. Dimana dalam UKM tersebut sering sharing menganai isu-isu remaja pada saat ini.

Dari hal itulah kemudian Rina tertarik untuk mengikuti seleksi duta genre tersebut. Selain itu Ia juga sudah menginginkan menjadi duta sejak dia masih duduk di bangku SMA dan bisa terwujud saat di bangku perkuliahan.

Menurutnya, Keuntungan menjadi duta genre yaitu dapat menciptakan remaja yang berencana baik dalam bidang pendidikan, karir bahkan hingga berkeluarga. Sehingga dapat mengetahui kehidupan yang lebih berencana.

“Kehidupan yang lebih berencana yaitu seperti dapat mengasah lifeskill yang di butuhkan dalam kehidupan kita. Diajari dalam membina keluarga yang benar, dan dilatih pendewasaan pada usia perkawinan,” ungkapnya saat dalam video streaming tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selaian aktif di organisasi PIKR di kampus, Rina juga aktif di remaja dan kepemudaan di kampungnya serta organisasi sosial masyarakat. Kedepan, Rina juga akan menjadi bagian dari organisasi yang berada di kabupaten Magelang seperti forum genre, PKK Milenial. Organisasi-organisasi tersebut berada dibawah naungan dinas sosial.

“Ya besok saya berencana akan melakukan beberapa hal untuk remaja di Magelang. Antara lain mengajarkan kegiatan-kegiatan yang produktif, inovatif untuk mengembangkan lifeskill remaja,” kutip kembali.

Sebelumnya, Rina juga mengaku sudah melakukan sosialisasi di daerah Kecamatan Pakis Magelang. Dimana saat itu ia menekankan untuk dapat mengurangi angka remaja yang menikah mudah.

Dalam proses menjadi Duta Genre sendiri, Rina sudah mengikuti serangkaian proses. Mulai dari tes akademik maupun tes non akademik dan lainnya.

Ada juga seleksi administrasi yang diikuti kurang lebih 90 orang, tes tertulis dan wawancara, penugasan yaitu dengan membuat video sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Kemudian ada tes presentasi video dan tes substansinya, dan yang terakhir yaitu Grand final peilihan duta genre kabupaten magelang. (*/adv)

Penulis : Irma Antonia Aisyah
Mahasiswi : Semester 6 Jurusan PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: