Status Tanggap Darurat Covid-19 di DIY Diperpanjang Hingga Akhir Bulan Ini

BNews— YOGYAKARTA— Pemerintah Daerah Yogyakarta kembali memperpanjang status tanggap darurat Covid-19. Perpanjangan ini dimulai tanggal 1 hingga 30 Maret 2021 mendatang.

Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) No 45/KEP/2021 tentang  perpanjangan status tanggap darurat bencana COVID-19 di Yogyakarta.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan bahwa status tanggap darurat diperlukan. Agar Gubernur serta Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di DIY dapat mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki untuk menanggulangi dampak COVID-19.

“Karena status itu akan memberikan payung hukum kepada gubernur dan ketua gugus tugas untuk bisa mengerahkan segala sumber daya yang ada di DIY,” papar Aji, Selasa (2/3/2021). Dikutip dari Tribun.

“Baik itu sumber daya yang dikelola instasi pusat yang ada di DIY maupun TNI dan Polri. Itu bisa dipayungi dengan surat itu,” tambahnya.

Terkait dukungan anggaran, kata Kadarmanta, Pemda DIY terus berupaya untuk melakukan realokasi anggaran sesuai dengan arahan Kementerian Keuangan. Untuk nilainya sendiri, semntara ditafsir mencapai Rp 120 miliar.

Dia menyebut bahwa seluruhnya difokuskan untuk menanggulangi dampak pandemi. “Recofusing saya kira malah sesuai dengan perintah pemerintah pusat itu akan matching (sesuai) dengan kondisi daerah yang sedang tanggap darurat. Itu malah bisa jadi salah satu payung,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: