Sumpah Bikin Ngiler, 10 Makanan Paling Dicari saat Lebaran

BNews—MAGELANG— Selepas makan besar saat merayakan hari lebaran, kebiasaan unik orang Indonesia ialah mencari abang tukang bakso dan mie ayam. Atau membuatnya langsung di rumah.

Entah ada sejarahnya atau tidak. Yang jelas kebiasaan ini sudah dilakukan secara turun-temurun, layaknya sebuah tradisi. 

Namun, di samping kedua makanan tadi, terdapat sepuluh makanan yang paling dicari jika kamu sudah bosan mengonsumsinya. Makanan tersebut di antaranya memiliki sensasi rasa manis, gurih, hingga asam. So, ini dia!

Rujak

Rujak atau lotis terdiri dari potongan buah-buahan segar. Seperti jambu, mangga, kedondong, bengkoang, hingga belimbing yang disirami oleh sambal yang terbuat dari gula jawa, garam dan cabai.

Es Krim

Es krim tampaknya bukan hanya menyasar para anak kecil saja, melainkan orang dewasa pun juga ikutan. Sebab selain rasanya yang manis mengigit, dessert berbahan susu ini juga mengandung banyak vitamin.

Nasi Goreng

Nasi goreng lebih tepat dimakan saat malam Idul Fitri. Sepiring nasi goreng hangat bisa ditambah dengan berbagai macam pelengkap seperti, ati ampela, petai, telur goreng, sosis dan udang.

Martabak Manis

Makanan rawan bikin gendut alias martabak kini tersedia beragam varian rasa. Namun tetap paling nikmat pada topping kacang sangrai, meses cokelat, keju, susu kental manis dan biji wijen.

Soto Ayam Kuning

Bukan menggunakan santan, melainkan kaldu ayam, soto ayam kuning ini bercita rasa gurih segar. Semangkuk soto terdapat isian ayam suwir, soun, tauge, daun sledri, jeruk nipis dan sambal. Didampingi pula oleh nasi hangat beserta taburan bawang goreng renyah.

Pempek

Pempek merupakan perpaduan bahan makanan dari ikan tenggiri dan tepung tapioka. Jenis pempek yang paling populer yaitu, pempek kapal selam dan lenjer. Pempek disajikan dengan kuah cuko, mie kuning, timun, dan sambal sesuai selera.

Siomay

Siomai terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri dan ayam, tepung tapioka, serta bahan lainnya, kemudian dikukus. Siomai dihidangkan dengan bumbu kacang, kecap, saos, hingga perasan jeruk limau.

Gado-gado

Gado-gado dikenal sebagai saladnya orang Indonesia. Hanya saja sayurannya berupa kubis, kentang, taoge dan pelengkap lainnya, lalu disirami oleh saus kacang. Tambahkan pula lontong dan kerupuk saat menyantapnya.

Sate

Sate bermacam-macam jenisnya di Indonesia. Lazimnya, sate dibumbui sambal kacang dan sambal kecap dengan irisan cabai rawit merah.

Cokelat

Cokelat, camilan satu ini tampaknya wajib disediakan saat lebaran baik itu dalam bentuk cokelat karakter, kue, permen, sampai cookies. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: