Tanah Longsor Terjang Dua Desa di Salaman

BNews—SALAMAN— Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Magelang. Kali ini, longsor menerjang Dusun Gorangan, Desa Kalisalak dan Dusun Kalisari, Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto menjelaskan, hujan deras mengguyur wilayah tersebut kemarin, sejak pukul 14.00 WIB. Akibat tidak mampu menampung air hujan, beberapa tebing kemudian longsor.

”Di Dusun Gorangan, Desa Kalisalak ada dua titik tebing yang longsor,” jelasnya, kemarin sore (27/1).

Di titik pertama, pihaknya mencatat tebing yang longsor setinggi kurang lebih 15 meter. Dimensi tinggi longsoran enam meter dan panjang tujuh meter dengan ketebalan satu meter. Longsor mengancam sebuah rumah milik Slamet, 48 yang dihuni empat orang di dalamnya.

”Dan titik kedua, tebing setinggi enam meter longsor sehingga menutup akses jalan desa dengan dimensi longsoran sepanjang tiga meter dan ketebalan 0,5 meter,” terang dia.

Sementara itu, longsor juga terjadi di Dusun Kalisari, Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman. Delapan rumah di atas tebing dikabarkan nyaris terseret material longsor.

”Ketinggian tebing yang longsor kurang lebih 15 meter dengan lebar tebing delapan meter,” jelas Edy saat dikonfirmasi Borobudur News.

Dikatakan dia, bencana longsor nyaris menyeret delapan rumah warga. Tidak hanya itu, guguran material longsoran juga mengancam jalan penghubung Kalisari-Tubansari, Salaman.

”Sementara dua rumah milik warga yakni Yuli dan Baryono sudah diusulkan untuk direlokasi ke hunian tetap (huntap). Dan proses ini masih menunggu serah terima kunci,” katanya.

Imbuh Edy, titik terjadinya longsor tersebut diklaim masih belum aman. Alias berpotensi terjadi longsor susulan karena masih ditemukan tanah yang terlihat bergerak.

”Tim BPBD Kabupaten Magelang sudah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat. Rencananya, nanti akan dilakukan penutupan akses jalan untuk menghindari korban jiwa,” pungkasnya. (bsn/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: