HUT KOTA MUNGKID 36 PDAM

TERBARU..Ini Poros Jalan Tol Yang Membelah Wilayah Magelang

BNews—MUNGKID— Beberapa poros pembangunan proyek jalan tol yang melintas di Kabupaten Magelang mulai digarap. Dua jalur yang bakal dikembangkan adalah Kulonprogo ke Magelang masing-masing yang jalur memiliki dua poros besar, yakni poros barat dan timur.

”Jalur Ngargosari-Kulonprogo ke Borobudur itu poros barat. Yang kedua poros timur, Borobudur ke Kabupaten Kulonprogo,” jelas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Magelang, Sugiyono, belum lama ini.

Iklan PT Segara Rizky HUT Kota Mungkid
IKLAN  KOLEKTIF 1 HUT KOTA MUNGKID 36
BAPAS HUT KOKID 36

Menurut dia, untuk poros barat meliputi jalur pertama yakni Ngargosari, Kulon Progo, Ngargoretno ,Paripurno, Menoreh, Ngadirejo, Tegal Arum, Kembang Limus sampai ke Borobudur dengan panjang 17,3 kilometer. Jalur tersebut relatif agak landai, medan relatif datar, lebar jalan bervariasi sekitar tiga sampai empat meter.

”Dominasi lahan permukiman dan dari 17,3 kilometer sudah dicicil 1,7 kilometer melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” terangnya.

Untuk jalur kedua yakni Ngargosari-Kulon Progo menuju Borobudur melewati Ngargoretno, Giripurno, Giri Tengah, Karanganyar, Tanjungsari, Tuksongo, Borobudur. Panjangnya 12,3 kilometer dengan medan berbukit dan relatif terjal sebagai jalur wisata minat khusus.

”Sementara untuk jalur timur Borobudur, disana ada dua jalur yakini Borobudur- Wangunrejo-Candirejo-Samping-Jagalan-Kulonprogo panjangnya 8,5 kilometer,” ujar dia.

Jalur kedua timur, Borobudur-Mendut-Progowati- Ngadikarto-Tanjung-Sokorini-Sriwedari- Blongkeng-Jagalan-Kulonprogo, dengan panjang 10,2 kilometer. Tata guna Lahan dominasi pertanian dan permukiman.

Loading...

”Kami masih mengusulkan satu jalur lagi yaitu poros tengah. Diharapkan untuk program jangka panjang,” ungkap Sugiyono.

Terkait proyek pembangunan jalan tol ini sudah ada rancangan dan rencana, kecuali tidak ada pergeseran. Nantinya untuk pembangunan jalan tol di wilayah Kabupaten Magelang akan melewati 46 desa di tujuh kecamatan. Dengan panjang jalan tol 67,6 kilometer dan yang melewati Magelang 49,41 kilometer atau 73 persen,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tujuh kecamatan yang bakal dilewati yakni Grabag, Secang, Tegalrejo, Candimulyo, Mungkid, Salam dan Ngluwar. Kabupaten Magelang nantinya juga akan terdapat empat gerbang besar wisata. Gerbang wisata tersebut positif dibangun di area Palbapang, Blondo, Kembang Limus dan Klangon Kulon Progo. (han)

1 Comment
  1. Nur says

    Ojo dibedah tanggule ( pegunungan menoreh ) klelep mbudur 🤭🤭🤭

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: