Tiga Perangkat Desa Mertoyudan “Disidang” Panwascam, Ini Sebabnya

BNews—MERTOYUDAN— Panwascam Mertoyudan kembali mengundang tiga perangkat desa di wilayahnya untuk dilakukan klarifikasi kemarin (3/4). Hal ini berawal adanya laporan masuk bawah ketiga perangkat desa tersebut masuk dalam salah satu grup whastapp tim sukses salah satu pasalon Pilbup Magelang 2018.

Ketua Panwascam Mertoyudan Fathul Mujib membenarkan sebanyak tiga orang perangkat desa di wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang kami undang untuk klarifikasi dugaan terlibat dalam kegiatan politik. “Mereka masuk dalam grup whatsapp tim sukses dari salah seorang pasangan calon pada Pilkada 2018,bahkan mereka tanpa sungkan mengatakan keterlibatan mereka di depan umum,” katanya.

“Dari pihak kami dimana Salah satu panitia pengawas desa sempat melakukan pencegahan namun justru ditantang,” imbuhnya saat diketui di kantor Panwascam Mertoyudan.

Diterangkan bahwa ketiga perangkat desa tersebut yakni dua perangkat dari Desa Mertoyudan, dan satu perangkat dari Desa Kalinegoro. “Mereka diduga melanggar pasal 51 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang menyatakan perangkat dan kepala desa dilarang ikut serta atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum ataupun kepala daerah,” jelas Mujib.

Mujib menambahkan, bahwa ketiga perangkat setelah kami klarifikasi diminta membuat surat pernyataan dan ditanda tangani terkait untuk bersikap netral dan tidak lagi terlibat dalam kegiatan politik. “Jika masih diulangi, rekomendasi panwas untuk dikenakan sanksi dan tindakan tegas sesuai peraturan perundnag-undangan,” tambahnya.

“Saya berharap agar seluruh perangkat desa, Kepala Desa, petugas pemilihan seharusnya dapat berlaku netral dan tidak terlibat dalam kegiatan politik, atau menjadi pengurus partai politik, Para ASN juga perlu bersikap netral dan fokus pada pelayanan masyarakat dan tidak turut campur dalam politik praktis,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: