IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Tim Gabungan Gencarkan Operasi Tertib Protokol Kesehatan di Kota Magelang

BNews—MAGELANG—Satpol PP Kota Magelang bersama sejumlah personil TNI/Polri menggelar operasi penegakan protokol kesehatan,pada hari ini (9/9/2020). Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran warga agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Satpol Kota Magelang Singgih Indri Pranggana mengatakan operasi ini sebagai implementasi Perwal Kota Magelang 30 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Produktif dan Aman Covid-19. Untuk lokasi kegiatan, kata Singgih, dilakukan di dua objek utama yakni Pasar Cacaban dan Pasar Kebonpolo Kota Magelang.

”Kegiatan ini merupakan operasi lanjutan dari operasi sebelumnya yang sudah kami lakukan beberapa waktu lalu. Ini (operasi penegakan protokol kesehatan) akan kami lakukan terus dengan melihat waktu, situasi dan objeknya,” katanya usai apel persiapan operasi protokol kesehatan di Mako Satpol PP, hari ini (9/9/2020).

Dia menjelaskan operasi dilakukan dengan mensosialisasikan protokol kesehatan dan Perwal Kota Magelang No 30 Tahun 2020. Nantinya warga yang terjaring karena tidak menggunakan masker akan didata sesuai KTP atau identitas masing-masing.

”Hal ini bukan semata-mata penghukuman, tapi penyadaran. Diharapkan dengan ini tingkat pelanggaran (protokol kesehatan) dapat semakin menurun,” jelasnya.

Kabid Tibum, Tranmas dan Linmas Satpol PP Kota Magelang Putut Handoko menambahkan pada operasi kali ini, pihaknya juga memberikan masker kepada warga yang kedapatan tidak mengenakan.

”Pada operasi kali ini, selain pendataan, juga diberikan masker kepada warga yang kedapatan tidak mengenakan masker. Puluhan masker tersebut merupakan sumbangan dari warga,” katanya, ditengah-tengah kegiatan di Pasar Cacaban Kota Magelang.

Loading...
Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setyawan mengapresiasi kegiatan operasi penegakan protokol kesehatan tersebut.

”Jadi ini sangat luar biasa, ternyata Pemerintah Kota Magelang menindaklanjuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dengan Perwal Nomor 30 Tahun 2020 tentang bagaimana mengupayakan langkah terbaik untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam perwal tersebut dirumuskan tentang penindakan meskipun secara persuasif. Menurutnya, tindakan persuasif sangat penting bagi masyarakat bahwa mulai saat ini Pemerintah Kota Magelang akan melakukan penindakan kepada warga yang tidak mematuhi perwal.

”Pada saat ditemukan tidak menggunakan masker, maka dia melakukan pelanggaran atas perwal tersebut. Apa hukumannya? Yang pertama adalah didata, dengan (pendataan) ini kita jadi tahu siapa yang melakukan pelanggaran,” jelasnya.

”Dengan data tersebut, maka kepolisian apabila ada pemberian informasi, rencananya tadi akan dibuatkan berita acara. (Berita acara) itu akan diberikan kepada kepolisian. Kemudian kepolisian akan melihat unsur kesengajaan dari seseorang melakukan pelanggaran-pelanggaran tersebut,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: