Tim Karawitan Wirama TNI Polri Manunggal Tampil Dalam Pagelaran Wayang Kulit di Alun-Alun Magelang

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar pementasan wayang kulit di Alun-Alun Magelang, Sabtu (12/11/2022). Yang mana bekerja sama dengan TNI, Polri, dan Kantor Bea Cukai Magelang.

Kegiatan ini disisipi sosialisasi dari bea cukai yang bertema “Gempur Rokok Ilegal”. Even ini terselenggara dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Seperti diketahui DBHCHT adalah bagian dari transfer ke Daerah yang dibagikan kepada daerah penghasil cukai atau penghasil tembakau, untuk mewujudkan prinsip keadilan dan keseimbangan dalam pengelolaan APBN.

Pagelaran wayang ini diawali dengan karawitan gabungan TNI-Polri yakni tim karawitan Wirama TNI Polri Manunggal. Serta penampilan spesial yaitu pertunjukan wayang dengan dalang Kapolres Magelang Kota, Yolanda Evalyn Sebayang yang membawakan lakon “Ngundhuh Wohing Pakarti”.

Tim Karawitan sendiri terdiri dari gabungan personel Polisi Wanita (Polwan) Polres Magelang Kota dan Kodim 0705/Magelang.

Seusai tampil, Kapolres Yolanda menyampaikan, ini merupakan kali kedua Tim Karawitan Wirama TNI Polri Manunggal tampil.

“Pertama pada saat pagelaran wayang kulit dalam rangka HUT TNI ke-77 beberapa pekan yang lalu, di Makodim 0705/Magelang,” ujarnya.

Dia menyebut, dengan terbentuknya tim karawitan ini, dapat menambah kekompakan TNI-Polri sebagai wujud manunggal.

“Hal ini tidak terlepas dari pemeliharaan kamtibmas di Kota Magelang. Dapat berjalan aman dan nyaman, apabila dilakukan bersama-sama,” ujarnya.

Melalui pagelaran wayang kulit ini, Yolanda menyelipkan pesan ajakan kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat ikut Nguri-uri Budaya Jawa.

“Kami mengajak masyarakat, khususnya generasi milenial agar ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Sebagai informasi, pagelaran wayang ini diadakan sekaligus dalam rangka peringatan Hari Wayang yang jatuh tanggal 7 November. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!