Tips Mencegah Bibir Kering Saat Cuaca Dingin

BNews—NASIONAL—Ketika bibir kering, dapat membuat tidak nyaman bahkan kadang menimbulkan rasa sakit. Selain itu juga bisa membuat penampilan kurang memuaskan.

Bibir kering biasanya terjadi karena beberapa faktor, antara lain terpapar sinar matahari langsung, cuaca dingin, dehidrasi, ataur efek samping dari obat-obatan tertentu. Bibir yang kering tidak cukup diatasi dengan lip balm saja.

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa diterapkan untuk mengatasi bibir kering.

Hindari menjilat bibir

Jika bibir pecah-pecah, hindari menjilat bibir dengan tujuan melembabkan bibir. Justru bibir yang basah dengan air ludah akan membuat penguapan semakin cepat, akibatnya bibir akan mengalami kekeringan.

Rajin minum air putih

Pastikan untuk tidak membuat tubuh dehidrasi, agar bibir dan kulit tetap lembab. Caranya yakni minum air putih minimal 8-10 gelas perhari dan lengkapi dengan konsumsi buah serta sayuran yang mengandung serat dan cairan.

Loading...

Gunakan lip balm yang mengandung SPF

Sebagai salah satu cara utuk mencegah efek paparan ultraviolet yang bisa membuat bibir kering dan mengelupas, maka gunakanlah lip balm yang mengandung SPF setiap beraktivitas diluar ruangan.

Petroleum jelly

Petroleum jelly bermanfaat untuk melindungi kadar cairan pada permukaan kulit, dengan demikian kulit akan terjaga kelembabannya. Caranya yakni oleskan Petroleum jelly secara teratur.

Hindari menarik kulit bibir yang mengelupas

Jika bibir nampak mengelupas, jangan menarik kulit yang mengelupas tersebut. Sebab bisa membuatnya berdarah. Salah satu caranya yakni gunakan scrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati.

Salah satu cara membuat scrub bibir yakni dengan madu atau petroleum jelly yang dicampurkan dengan sedikit gula pasir, kemudian bubuhkan dibibir menggunakan jari. Gosok dengan lembut, setelah itu bersihkan hingga tidak ada yang tersisa dan terakhir oleskan pelembab bibir. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: