IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Tradisi Saparan Ditengah Pandemi Covid-19, ini Himbauan Bupati Magelang

BNews—MAGELANG—Bulan Sapar dalam penanggalan Jawa akan segera tiba. Banyak tradisi atau kepercayaan nenek moyang yang saat ini masih dipertahankan dan digelar.

Namun terdapat perbedaan situasi pada bulan Sapar tahun ini dengan tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Di Kabupaten Magelang sendiri, terdapat tradisi Saparan yakni hajatan yang dilaksanakan untuk menyambut bulan Sapar. Tradisi ini biasanya dikuti oleh hampir semua kalangan masyarakat di lereng pegunungan. 

Dalam hal ini Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengimbau pelaksanaan tradisi di setiap bulan Sapar pada tahun ini. Yakni untuk tetap mematuhi prosedur yang telah ditentukan.

Hal tersebut disampaikan Zaenal saat konferensi pers Penanganan Pandemi Covid-19 di rumah dinas Bupati Magelang, hari ini (9/9/2020). Zaenal Arifin mengaku pihaknya terus melakukan koordinasi dengan para camat khususnya yang mana daerahnya sering melaksanakan tradisi saparan.

”Jadi kami juga berkomunikasi dengan Pak Camat, khususnya yang sering melaksanakan saparan ini. Contohnya di Kecamatan Ngablak, jadi mereka akan tetap mengadakan acara itu dengan jumlah terbatas,” ujarnya.

Dia menjelaskan, nantinya setiap warga yang ingin mengikuti kegiatan Saparan atau hajatan harus mematuhi prosedur yang telah dibuat oleh Pemkab Magelang.  Seperti yang disampaikan bahwa warga akan melaksanakan hajatan harus mengajukan permohonan ijin kepada gugus tugas.

Loading...

”Seluruh penyelenggaran di Kabupaten Magelang harus mengajukan permohonan ijin ke gugus tugas di Kabupaten Magelang. Nantinya gugus tugas akan memberikan ijin berdasarkan kondisi epidemiologi wilayah kesehatan daerah yang bersangkutan,” terang Zaenal.

Tambahnya, untuk daerah yang akan melaksanakan tradisi Saparan, nantinya akan diberi rujukan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang terkait epidemologi kesehatan wilayah yang bersangkutan. Bila memenuhi syarat, maka acara dapat  dilaksanakan dengan  tetap mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan prosedur yang telah ditentukan. (magang/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: