Tradisi “Weton” Jawa Untuk Cek Pasangan dan Rejekimu, Begini Caranya

BNews-NASIONAL–  Suku jawa salah satu suku di Indonesia yang masih kental dengan adat dan tradisinya. Termasuk salah satunya terkait soal hitungan hari mulai dari hari dan pasarannya yang sering disebut weton.

Weton, Penanggalan yang Dianggap Ramalan. Dalam kalender Jawa, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran. Jawa.Weton, adalah gabungan keduanya yang menunjukkan hari kelahiran seseorang.

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Biasanya orang jawa dalam menentukan hari dan tanggal sering mempertimbangkan weton jawa ini dengan harapan dilancarkan dan sesuai perhitungan makna weton jawa. Termasuk dalam pernikahan, jodohpun antara kedua pasangan terkadang dihitung menggunakan weton jawa berdasarkan tanggal dan pasaran jawanya yang memiliki arti berbeda-beda.


Borobudur News mencoba merangkum beberapa arti weton jawa dalam perjodohan. Melalui table keterangan berikut :

NEPTU : Angka untuk hari dan pasaran
NEPTU : Angka untuk hari dan pasaran

Untuk mengitungnya yang pertama kalian cukup tahu tanggal dan pasaran kalian dan pasangan lahir. Kedua Hasilnya ditambahkan lalu didapat angka2 seperti di table diatas soal Neptu hari dan Pasaran, sebelumnya kami berikan contoh: misal Kamu lahir 3 Juni 1999 (Kamis Wage) dan Pacarnya 31 Maret 1996 (Minggu Kliwon) berarti  (8+4)+(5+8)= 25 yang berarti sujanan. Berikut table arti total penjumlahan nya :

HASIL : Table total penjumlahan hari dan pasaran dan artinya
HASIL : Table total penjumlahan hari dan pasaran dan artinya

Untuk maksud dari total penjumlahan di table berarti :

1.Pegat atau pegatan

Dalam bahasa jawa berarti bercerai. Pasangan ini kemungkinan akan sering menghadapi masalah dikemudian hari. Masalah itu bisa dari masalah ekonomi, perselingkuhan, kekuasaan yang bisa menyebabkan perceraian.

2.Ratu

Identik dengan sosok yang dihormati. Jika hasilnya ratu, pasangan ini bisa dikatakan sudah cocok dan berjodoh. Sangat dihargai dan disegani oleh tetangga  maupun lingkungan sekitar. Bahkan tak sedikit orang sekitar yang iri dengan keharmonisannya dalam membina rumah tangga.

3. Jodoh

Namanya saja sudah jodoh. Jika hasilnya Jodoh, pasangan ini memang ditakdirkan berjodoh. Mereka bisa saling menerima sgl kekurangan maupun kelebihan masing2. Nasib rumah tangga dpt harmonis sampai tua.

4.Topo

Dalam bahasa jawa bisa diartikan bertirakat. Pasangan ini akan sering mengalami kesusahan di awal-awal membina rumah tangga, namun pada akhirnya akan bahagia. Persoalan rumah tangga bisa dari ekonomi dan lain sebagainya. Tapi setelah mempunyai anak dan cukup lama berumah tangga, hidupnya akan sukses serta bahagia.

5. Tinari

Pasangan ini akan mendapatkan kebahagiaan. Kemudahan dalam mencari rezeki dan tidak akan hidup berkekurangan. Hidupnya juga diliputi keberuntungan.

6. Padu

Padu dalam bahasa jawa berarti cekcok atau pertengkaran. Rumah tangga pasangan ini akan sering mengalami pertikaian atau pertengkaran. Meski sering terjadi pertengkaran, nasib rumah tangga tidak sampai bercerai. Pertengkaran ini bahkan dipicu dari hal-hal yang bersifat sepele.

7. Sujanan

Rumah tangga ini akan sering mengalami percekcokan & masalah perselingkuhan. 

8. Pesthi 

Rumah tangga akan berjalan dgn sgt harmonis, rukun , adem, ayem, tenteram & sejahtera sampai tua. Bisa dikatakan jika ada sedikit masalah namun tidak megganggu keharmonisan.

Semua hal ini masih banyak di percaya oleh masyarakat di Jawa, khususnya di Jawa Tengah. Pemahaman ini tidak bisa dijadikan pathokan utama dalam kehidupan sehari-hari. Tergantung dari sisi kepercayaan masing-masing. (bsn)

4 Comments
  1. guntur says

    urutanya kurang bener itu mas . tolong di edit biar gak salah paham yang tabel penjumlahan hari dan pasaranya

  2. Iqbal Fawaid says

    Table penjumlahan weton salah kabeh bosss

  3. Ziahrifa says

    Ini weton ngawur isinya -_- ga sesuai dengan fakta kehidupan. Masih percaya aja kaya beginian, udah punya agama padahal.

  4. Mas duwur says

    Semua kembali ke keimanan masing-masing.
    Hidup terlalu singkat utk beradu argumen spt beginian..
    Selesaikan urusan masing”, beres dah👍👍

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: