Ukuran Alat Vital Bisa Menyusut, Ini Penyebabnya

BNews—BOROROBUDUR— Ukuran alat vital pria ternyata bisa mengalami penyusutan. Ini dipicu oleh beberapa penyebab di antaranya penuaan, obesitas hingga akibat dari penyakit tertentu.

Perlu diketahui bahwa ukuran alat vital bisa bervariasi pada masing-masing pria dan bisa dipengaruhi oleh beberapa kondisi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di BJU International menemukan bahwa ras atau etnis sebetulnya tidak memengaruhi ukuran alat vital seseorang.

Penelitian tersebut menemukan ukuran alat vital rata-rata dapat dikategorikan dalam kisaran berikut:

  1. Panjang rata-rata alat vital yang lembek: 9,16 sentimeter
  2. Panjang rata-rata alat vital yang meregang: 13,24 sentimeter
  3. Panjang rata-rata alat vital yang ereksi: 13,12 sentimeter
  4. Panjang rata-rata lingkar alat vital yang lembek: 9,31 sentimeter
  5. Panjang rata-rata lingkar alat vital yang ereksi: 11,66 sentimeter

Penyusutan terkadang bersifat permanen, dan di lain waktu kondisi tersebut adalah hasil dari masalah yang dapat diobati atau karena kebiasaan gaya hidup. Fakta bahwa penyusutan alat vital bisa terjadi mungkin berpotensi menimbulkan kekhawatiran pada beberapa pria.

Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya penyusutan alat vital pria:

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, timbunan lemak menumpuk di arteri yang menyebabkan aliran darah ke alat vital berkurang. Kondisi ini menyebabkan sel-sel otot di saluran ereksi di dalam alat vital menjadi lebih lemah. Jadi, lebih sedikit aliran darah berarti ereksi yang lebih kecil atau lebih sedikit.

Alasan lain yang memungkinkan terjadinya penyusutan alat vital adalah penumpukan jaringan parut yang disebabkan oleh cedera kecil selama bertahun-tahun akibat seks dan olahraga.

Kenaikan Berat Badan

Alasan mengapa alat vital terlihat lebih kecil adalah karena alat vital menempel pada dinding perut, dan ketika perut mengembang, alat vital akan tertarik ke dalam. Jika seorang pria kehilangan berat badan, alat vital akan mendapatkan kembali bentuknya dan kembali ke ukuran biasa.

Bedah Prostat

Penelitian menunjukkan, pria yang pernah menjalani operasi pengangkatan kelenjar prostat kanker (prostatektomi radikal) mungkin mengalami sedikit penyusutan alat vital. Beberapa peneliti berpikir itu mungkin berkaitan dengan memendeknya saluran kencing yang terhubung ke kandung kemih, selama prostatektomi.

Penyakit Peyronie

Pada penyakit peyronie, jaringan parut fibrosa berkembang di dalam alat vital yang menyebabkan alat vital bengkok saat ereksi. Sering kali, ereksi melengkung tak perlu dikhawatirkan, tetapi bagi beberapa pria bengkokan itu mungkin terasa signifikan atau menyakitkan.

Obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan penyusutan alat vital. Termasuk Adderall yang diresepkan untuk defisit perhatian atau hiperaktif. Beberapa antidepresan dan antipsikotik, serta beberapa obat yang diresepkan untuk mengobati prostat yang membesar.

Merokok

Bahan kimia dari rokok dapat melukai pembuluh darah di alat vital serta menghambat alat vital terisi darah dan meregang. Terlepas dari rangsangan dan pengaruhnya terhadap otak, jika pembuluh darah rusak, alat vital tidak akan mencapai ereksi. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: