Viral, Warga Magelang Lihat Hujan Meteor Semalam

BNews—MAGELANG— Warga di Magelang menyaksikan fenomena alam berupa hujan meteor sejak beberapa malam belakangan.

Seperti yang dilaporkan oleh Aan Ramadhan di grup Info 4 Kota. Dimana, dalam postingannya dia memperlihatkan sebuah benda yang diduga meteor melintas.

“Baru saja jatuh dari langit..
mahluk dari planet lain ataukah makanan atau tanaman, atau mungkin benda apa ini..!! monggo yg tahu kronologinya bisa di lengkapi se lengkap – lengkapnya,” tulisnya.

Dalam satu jam postingan itu sudah viral. Disukai ribuan orang dan mendapatkan kome tar lebih dari 500 nitizen.

Sejumlah pakar memang memprediksi akan terjadi hujan metoer di langit Indonesia.

Hujan meteor terjadi pada 6 Oktober 2020 sampai dengan 10 Oktober 2020. Namun, puncak terjadinya hujan meteor akan muncul pada 8 Oktober 2020. Di waktu inilah keindahan hujan meteor bisa terlihat dengan jelas.

Hujan meteor ini berasal dari butiran debu Asteroid 2004 TG10 dan sisa debu Komet 2P Encke, berlangsung sejak 10 September – 20 November dan tidak pernah menghasilkan lebih dari 5 meteor per jam.

Loading...


Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo menjelaskan bahwa Asteroid 2020 SX3 adalah asteroid dekat bumi kelas Apollo, sehingga memiliki orbit yang bisa bersinggungan dengan orbit Bumi.

Sehingga, ada yang menarik dari hujan meteor taurid ini, karena bentuknya yang mirip dengan bola api.

Puncak hujan meteor yang tampak datang dari rasi Taurus berlangsung tanggal 10 Oktober, hanya dengan 5 meteor per jam yang lajunya hanya 28 km/detik.

Hujan meteor Taurid bisa diamati setelah Matahari terbenam saat rasi Taurus juga terbit di arah timur sampai jelang fajar saat rasi ini akan terbenam di barat. (her/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: