Wayang Kulit Di Lereng Merbabu Magelang, Dalang Lokal Dengan Dalang TNI

BNews–MAGELANG– Pagelaran wayang kulit semalam suntuk peringati HUT TNI ke-77 Kodim 0705/Magelang pada Minggu malam (09/10/2022). Dengan Dalang Serma Sukardi Hadi Suwito dan Sih Agung Prasetyo pegelaran tersebut mengangkat lakon Wahyu Ponco Manunggal.

Pagelaran wayang kulit ini diselanggarakan di halaman samping Makoramil 07/Ngablak Dim 0705/Magelang, Minggu (09/10/2022).

Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun TNI ke-77 kepada jajaran TNI khususnya Kodim 0705/Magelang.

Ia menyambut baik pagelaran seni wayang kulit pada kesempatan Peringatan HUT TNI ke-77 ini. Ia menilai pagelaran wayang kulit menjadi sebuah wujud kepedulian dari Jajaran TNI dalam turut nguri-uri seni budaya warisan leluhur agar tetap lestari, sehingga generasi-generasi penerus bangsa nantinya tetap mengenal dan memahami ajaran adiluhung dari warisan budaya leluhur ini.

“Kita juga mesti merasa bangga karena Kesenian Wayang Kulit sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli milik Bangsa Indonesia,” kata, Adi.

Lanjut Adi, perlu diketahui bahwa wayang bukan hanya sekadar sebuah kesenian atau pertunjukan, namun lebih dari itu Wayang Kulit merupakan media refleksi yang menggambarkan kisah nyata masyarakat yang penuh dengan kearifan yang ada di tengah-tengah kehidupan dunia ini.

Oleh karena itu, melalui pegelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Serma Sukardi Hadi Suwito dan Ki Sih Agung Prasetyo dalam rangka Peringatan HUT TNI Ke-77 Ia mengajak agar apa yang menjadi pesan kebajikan dari lakon ini nantinya bisa teraktualisasi dan terinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah kebinekaan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Apalagi pagelaran wayang kulit ini dimainkan oleh dua dalang sekaligus; satu dalang dari warga masyarakat dan satunya lagi dari salah satu anggota TNI. Tentunya ini akan sangat menarik dan unik untuk disaksikan,” ungkap, Adi.

Sementara, Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi menyampaikan terimakasih kepada Bupati Magelang beserta jajaran; atas dukungan bisa terselenggaranya pagelaran seni wayang kulit ini.

“Sekaligus kami juga mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Ngablak yang telah bahu membahu; mendukung rangkaian acara dalam rangka peringatan Ke-77 HUT TNI. Ini suatu bukti dan sesuai dengan tema TNI adalah kita, jadi TNI ini ya adalah kita,” ucap, Letkol Arm Rohmadi.

Ia berharap agar jalinan kerja sama antara TNI dengan Pemerintah dan masyarakat yang selama ini sudah berjalan dengan baik; bisa terus ditingkatkan agar kondusifitas di wilayah Kabupaten Magelang dapat terus tercipta. (bsn)

IKUTI KAMI BOROBUDUR NEWS DI GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: